DPR Gelar Paripurna Persetujuan Yudo Margono Jadi Panglima TNI Selasa Depan

ADVERTISEMENT

DPR Gelar Paripurna Persetujuan Yudo Margono Jadi Panglima TNI Selasa Depan

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 20:55 WIB
Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono menjalani uji kelayakan atau fit and proper tes calon Panglima TNI di DPR. Dia mengacungkan jempol.
Laksamana Yudo Margono (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono menyebut DPR segera menggelar paripurna untuk menyetujui Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. Paripurna tersebut dijadwalkan akan digelar Selasa pekan depan.

"Langsung diserahkan hari ini juga dan nanti mungkin diparipurnakan Selasa depan," kata Dave kepada wartawan di kediaman Yudo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022).

Dave menyebut, setelah menggelar paripurna, hasilnya akan langsung dikirimkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dijadwalkan pelantikan. Namun jadwal pelantikan akan bergantung pada Jokowi.

"Dari pimpinan langsung dikirim ke Istana untuk dijadwalkan pelantikan. Kapan pelantikannya? Tergantung Presiden," ucapnya.

Sebelumnya, Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Hal itu diputuskan setelah Yudo menjalani uji kepatutan dan kelayakan calon panglima TNI.

Keputusan itu diumumkan oleh Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid sekaligus yang memimpin proses uji kelayakan tersebut. Uji kelayakan itu digelar di ruang rapat Komisi I DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (2/12).

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono," kata Meutya mengetok palu tanda persetujuan.

(fas/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT