Relawan Akan Tetap Ngajar Walau Siswa SDN Pocin 1 Harus Pindah 12 Desember

ADVERTISEMENT

Relawan Akan Tetap Ngajar Walau Siswa SDN Pocin 1 Harus Pindah 12 Desember

Devi Puspitasari - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 16:24 WIB
Pemkot Depok membatasi kegiatan belajar mengajar di SDN Pondok Cina 1 hingga Jumat (9/12). Orang tua (ortu) siswa merasa terusir atas keputusan tersebut. (Devi Puspitasari/detikcom)
Pemkot Depok membatasi kegiatan belajar mengajar di SDN Pondok Cina 1 hingga Jumat (9/12). Orang tua (ortu) siswa merasa terusir atas keputusan tersebut. (Devi Puspitasari/detikcom)
Depok -

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan merelokasi SDN Pondok Cina (Pocin) 1. Selain sekolah terancam dipindah, siswa SDN Pocin 1 ditinggal para guru.

Rencana relokasi tersebut lalu menjadi sorotan, terlebih SDN Pocin 1 sempat tertutup aksesnya oleh revitalisasi trotoar di Jalan Raya Margonda. Kondisi tersebut menarik perhatian publik sehingga relawan pun bersimpati mengajar para siswa SDN Pocin 1.

"Saya agak miris ya karena masalah relokasi ini masalah jadi seperti ini. Kami merasa kasihan juga karena guru-guru nggak bisa mengajar juga ya jadi kami membantu mengajar," kata salah satu relawan, Aditya, saat ditemui di SDN Pondok Cina 1, Jumat (2/12/2022).

Aditya bersama rekannya dari mahasiswa Universitas Indraprasta (Unindra) mengajar sekitar 200 siswa yang masih bertahan di SDN Pocin 1. Beredar kabar, para guru sudah tidak mengajar di SDN Pocin 1 sejak Senin (14/11).

Aditya mengatakan dia bersama teman-temannya akan membantu mengajar hingga polemik relokasi SDN Pocin 1 selesai. Dia juga mengatakan hanya ingin membantu mengajar dan bersikap netral dalam menanggapi polemik tersebut.

"Mungkin sampai nanti setelah ada hasil yang cukup menguntungkan dari kedua belah pihak. Saya netral cuma untuk membantu karena lebih fokus ke anak-anaknya aja," katanya.

Relawan lain, Daniel, mengaku tergerak dari sisi kemanusiaan melihat siswa SDN Pocin 1 yang sudah tidak diajar para guru selama kurang lebih 3 pekan.

"Lihat sisi kemanusiaannya. Tidak mengajar lihat spanduk 'Hari Guru Tanpa Guru' sudah 3 minggu loh," kata Daniel.

Spanduk tersebut masih terpasang di SDN Pocin 1. Daniel mengatakan dirinya akan tetap mengajar siswa SDN Pocin 1 meski Pemkot Depok sudah meminta kegiatan belajar mengajar berakhir per Jumat (9/12) nanti.

"Kita bertahan di sini karena apa janji relokasi tidak ada, guru-guru 3 minggu lebih (tidak mengajar di SDN Pocin 1). Kalau dibilang kita nggak dibayar di sini, (kita) pakai hati," ujar dia.

Pemkot Depok membatasi kegiatan belajar mengajar di SDN Pondok Cina 1 hingga Jumat (9/12). Orang tua (ortu) siswa merasa terusir atas keputusan tersebut. (Devi Puspitasari/detikcom)Sisa keceriaan para siswa SDN Pocin 1 di saat mereka dipaksa pindah sekolah karena lahannya akan dipakai untuk pembangunan masjid. (Devi Puspitasari/detikcom)

Belajar Dibatasi hingga 9 Desember

Sebelumnya diberitakan, Pemkot Depok menggelar audiensi dengan ortu siswa SDN Pocin 1. Pemkot Depok membatasi kegiatan belajar mengajar di SDN Pocin 1 hingga Jumat (9/12).

"Kita membatasi proses belajar mengajar maksimal sampai tanggal 9, setelah itu pada tanggal 12 Desember mereka sudah harus pindah ke SDN Pondok Cina 3 dan 5, yang berkenan untuk pindah," kata Sekda Depok, Supian Suri, usai audiensi pada Rabu (30/11) kemarin.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT