Kemlu Gelar Ruang Diskusi soal Hasil Presidensi G20 Indonesia di UMM

ADVERTISEMENT

Kemlu Gelar Ruang Diskusi soal Hasil Presidensi G20 Indonesia di UMM

Danzel Samuel - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 22:02 WIB
Kemenlu
Foto: Kemenlu
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menggelar Sharing Session dan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema 'Isu-isu Strategis Hasil Presidensi G20 Indonesia' di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada tanggal 29 - 30 November 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 150 akademisi, termasuk Rektor UMM, Fauzan MPD

"Kami mengucapkan apresiasi atas berhasilnya KTT G20 di Bali, harapan kami hasil KTT dapat dirasakan seluruh dunia, termasuk dunia pendidikan," ujar Fauzan dalam keterangan tertulis, Kamis (1/12/2022).

Dalam kesempatan itu, Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kemenlu Tri Tharyat juga memaparkan perjalanan dan keberhasilan Presidensi G20 Indonesia menavigasi perundingan di tengah situasi dunia yang sangat sulit. Ini telah membawa Indonesia Kembali diperhitungkan di peta global.

Hal ini terbukti oleh 'Leader's Declaration' yang disepakati seluruh anggota G20 yang telah menjadi benchmark bagi forum global lainnya. Dalam hal ini, dijelaskan bahwa paragraph tiga terkait peperangan yang berhasil disepakati G20, digunakan kembali dalam KTT APEC di Bangkok, Thailand.

"Ini menunjukkan relevansi politik luar negeri Indonesia 'bebas aktif' di masa kini yang terbukti mampu jembatani perbedaan di tengah menajamnya rivalitas global, bahkan KTT G20 mampu menghasilkan deliverables bagi dunia," sambung Tri.

Dalam sesi diskusi, para peserta menyampaikan KTT G20 telah membangun rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap prestasi diplomasi RI, serta menegaskan pengakuan dunia terhadap kemampuan Indonesia atasi permasalahan dunia.

Ke depan, lanjut Tri, Indonesia akan terus melanjutkan diplomasi RI yang cepat, tanggap, dan responsif dalam forum global, mengingat kekuatan Indonesia di ASEAN dan MIKTA pada tahun 2023.

(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT