Lubang Mirip Sumur Jl Sholis Bogor Belum Ditambal, Lalin Macet Parah

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Lubang Mirip Sumur Jl Sholis Bogor Belum Ditambal, Lalin Macet Parah

Muchamad Sholihin - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 18:35 WIB
Macet Jl Sholis Kota Bogor imbas lubang mirip sumur di putaran balik dekat UIKA. 1 Desember 2022. (M Sholihin/detikcom)
Macet Jl Sholis, Kota Bogor, imbas lubang mirip sumur di putaran balik dekat UIKA, 1 Desember 2022. (M Sholihin/detikcom)
Bogor -

Kemacetan panjang terjadi di Jl Sholeh Iskandar (Jl Sholis) Tanah Sareal, Kota Bogor. Antrean kendaraan nampak mengular panjang imbas lubang mirip sumur yang belum diperbaiki di samping putaran (U-turn) kampus UIKA Bogor.

Pantauan detikcom, Kamis (1/12/2022), pukul 17.30 WIB, arus lalu lintas dari arah Yasmin menuju Simpang Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) mengalami kemacetan panjang.

Antrean kendaraan tampak mengular sejak menjelang lubang mirip sumur di putaran (U-turn) kampus UIKA Bogor hingga kawasan Mal Bogor Squere dengan jarak sekitar 1,5 kilometer.

Ruas jalan di titik lubang mirip sumur yang semula bisa dilalui tiga lajur kendaraan, kini ditutup sebagian dan hanya bisa dilintasi untuk dua lajur kendaraan. Akibatnya, arus lalulintas Jl Sholis yang selalu padat di jam sibuk, membuat jalur ini macet parah imbas lubang mirip sumur yang belum diperbaiki.

"Kacau, Mas, macetnya, panjang sampai belakang. Horor ini mah macetnya apalagi kalau pagi, parah macetnya," kata seorang pengendara mobil ditemui saat menunggu antrean macet di Jl Sholis, Kamis (1/12).

"Macetnya nggak bakal beres ini kalau lubangnya belum dibenerin sih, pasti macet terus. Harapannya sih biar cepat diperbaiki yah," timpal pemotor lain di lokasi.

Di lokasi, tampak satu unit alat berat disiagakan untuk pengerjaan perbaikan lubang mirip sumur. Namun saat ini kendaraan alat berat tidak difungsikan karena perbaikan dilakukan malam hari.

Macet Jl Sholis Kota Bogor imbas lubang mirip sumur di putaran balik dekat UIKA. 1 Desember 2022. (M Sholihin/detikcom)Macet Jl Sholis, Kota Bogor, imbas lubang mirip sumur di putaran balik dekat UIKA, 1 Desember 2022. (M Sholihin/detikcom)

Lubang mirip sumur yang sebelumnya hanya ditutupi spanduk bekas warna putih, kini ditutupi terpal. Lubang seukuran ban tronton itu terlihat belum diperbaiki karena lingkaran lubang tampak masih menganga dan terpal penutup lubang terlihat menjorok ke dalam lubang.

"Sekarang memang lagi nggak ada pengerjaan, katanya malam baru mau dikerjainnya, mungkin biar enggak bikin macet kali, Mas," kata Asep, warga sekitar, yang tengah membantu mengatur lalu lintas di putaran (U-turn) UIKA Bogor.

Diberitakan sebelumnya, lubang mirip sumur muncul di tengah Jl Sholeh Iskandar (Sholis), Kota Bogor, dan membahayakan pengendara. Warga menyebut lubang menganga itu sebelumnya hanya ambles dan sudah ditambal menggunakan aspal.

"Itu (Jl Sholis) rusaknya sebenernya bukan baru sekarang, sudah dari minggu-minggu lalu. Kalau dulu cuma ambles, terus ditambal pakai aspal. Mungkin nggak kuat ya, sekarang malah jadi ada lubang gitu," kata warga pengatur lalin di putaran (U-turn) Kampus UIKA Bogor bernama Asep, Selasa (29/11).

Macet Jl Sholis Kota Bogor imbas lubang mirip sumur di putaran balik dekat UIKA. 1 Desember 2022. (M Sholihin/detikcom)Macet Jl Sholis, Kota Bogor, imbas lubang mirip sumur di putaran balik dekat UIKA, 1 Desember 2022. (M Sholihin/detikcom)

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) 5.2 DKI Jakarta-Jawa Barat Adrianto Putra Prasetyo menyebutkan lubang mirip sumur itu muncul diduga akibat patahan konstruksi saluran air di bawah Jl Sholis. Patahan ini membuat jalan ambles dan berujung membentuk lubang mirip sumur.

"Minggu lalu sudah kami survei sebelum terjadi lubang. (Penyebab lubang) ada cross drainage (gorong-gorong) yang patah di kedalaman kurang lebih 3 meter," terang Adrianto.

(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT