Warga dan Polisi Harap Lubang Mirip Sumur di Jl Sholis Segera Diperbaiki

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Warga dan Polisi Harap Lubang Mirip Sumur di Jl Sholis Segera Diperbaiki

Muchamad Sholihin - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 14:11 WIB
Lubang di Jl Sholeh Iskandar, Kota Bogor, 29 November 2022, siang. (M Sholihin/detikcom)
Lubang di Jl Sholeh Iskandar, Kota Bogor, 29 November 2022, siang. (M Sholihin/detikcom)
Bogor -

Lubang mirip sumur muncul di tengah Jl Sholeh Iskandar (Sholis) Kota Bogor. Warga dan polisi berharap pihak yang memiliki jalan ini segera memperbaiki lubang menganga ini karena membahayakan dan rawan terjadi kecelakaan.

Kasat Lantas Polresta Bogor Kompol Galih Apria mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar lubang mirip sumur di tengah Jl Sholis segera diperbaiki.

"Kita sudah koordinasikan soal lubang itu ke PUPR, kita minta segera diperbaiki, ditambal lubangnya itu. Penyebab lubang dan sebagainya kita serahkan ke PUPR," kata Galih dimintai konfirmasi oleh wartawan, Selasa (29/11/2022).

Galih menyebut, pihaknya akan memasang papan pemberitahuan di sekitar lubang untuk antisipasi kecelakaan.

"yang bisa dilakukan oleh Satlantas Polresta Bogor Kota adalah memberikan tanda bahwa lokasi tersebut berlubang. Sehingga masyarakat untuk berhati-hati, apalagi ini untuk malam hari sangat rawan, sehingga kita pasang traffic cone dari jauh jaraknya sehingga orang bisa mempersiapkan diri," kata Galih.

Galih mengatakan, tidak ada rekayasa lalu lintas pada u turn kampus UIKA jelang lubang mirip sumur itu. Dia berharap lubang tersebut cepat diperbaiki sehingga tidak lagi membahayakan pengendara.

"Cuma yang paling utama adalah bagaimana kita supaya cepat ditangani lubang itu," kata Galih.

Jl Sholis Kota Bogor merupakan bagian dari jalan nasional, pemeliharaannya dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat yang berada di bawah naungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kalau saya sih lihatnya ini bahaya banget ya, ini jalur cepat istilahnya, kalau lagi sepi. Motor-mobil pasti ngebut disini, takutnya ada yang kejeblos ke lubang aja kalau lama dibenerinnya," ucap Asep, warga pengatur lalulintas (Pak Ogah) di putaran (u turn) kampus UIKA Kota Bogor.

"Ini juga kan bikin repot mobil-motor yang muter balik disini," tambahnya.

Asep menambahkan, kondisi jalan berlubang akan sangat membahayakan ketika malam hari. Dimana ketika jalur sedang sepi dan kendaraan melaju kencang.

"Makin bahayanya kalau malam, jalan sepi, mobil-motor pada ngebut. Biasa jalan bagus, tahu-tahu ada lubang disitu, ngga kejeblos juga kan bisa saja motor jatuh gara-gara hindarin lubang," kata Asep.

Lubang mirip sumur di Jl Sholeh Iskandar, Kota Bogor, kini ditutup spanduk bekas. 29 November 2022 siang. (M Sholihin/cetikcom)Lubang mirip sumur di Jl Sholeh Iskandar, Kota Bogor, kini ditutup spanduk bekas. 29 November 2022 siang. (M Sholihin/cetikcom)

Lubang menganga mirip sumur ini muncul dinihari tadi. Posisi lubang yang berada di tengah jalan ini membahayakan pengendara dan membuat arus lalulintas di sekitar lokasi mengalami kemacetan parah di jam sibuk pagi tadi.

Kini, lubang itu telah ditutup oleh spanduk bekas dan dibatasi dengan kerucut oranye (traffic cone) dan barier oranye.

Lubang mirip sumur di tengah Jl Sholeh Iskandar, Kota Bogor, 29 November 2022. (Dok Istimewa)Lubang mirip sumur di tengah Jl Sholeh Iskandar, Kota Bogor, 29 November 2022. (Dok Istimewa)
(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT