Ternyata Ini Sebab Lubang Mirip Sumur Muncul di Tengah Jalan Kota Bogor!

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Ternyata Ini Sebab Lubang Mirip Sumur Muncul di Tengah Jalan Kota Bogor!

Muchamad Sholihin - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 16:24 WIB
Lubang mirip sumur di tengah Jl Sholeh Iskandar, Kota Bogor, 29 November 2022. (Dok Istimewa)
Lubang mirip sumur di tengah Jl Sholeh Iskandar, Kota Bogor, 29 November 2022. (Dok Istimewa)
Bogor -

Lubang mirip sumur muncul di tengah Jl Sholeh Iskandar (Sholis), Kota Bogor, dan membahayakan pengendara. Warga menyebut lubang menganga itu sebelumnya hanya ambles dan sudah ditambal menggunakan aspal.

"Itu (Jl Sholis) rusaknya sebenernya bukan baru sekarang, sudah dari minggu-minggu lalu. Kalau dulu cuma ambles, terus ditambal pakai aspal. Mungkin nggak kuat ya, sekarang malah jadi ada lubang gitu," kata warga pengatur lalin di putaran (u-turn) Kampus UIKA Bogor bernama Asep, Selasa (29/11/2022).

Hal ini juga dibenarkan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) 5.2 DKI Jakarta-Jawa Barat Adrianto Putra Prasetyo. Menurutnya, penambalan jalan dilakukan minggu lalu sebagai langkah penanganan jalan ambles dan menghindari kecelakaan.

"Kalau di lokasi memang ada bekas aspal baru, minggu lalu kita patching sementara waktu ada penurunan jalan, supaya tidak terjadi kecelakaan lalu lintas," kata Adrianto ketika dikonfirmasi detikcom.

Lubang Jl Sholeh Iskandar (Sholis) Kota Bogor, 29 November 2022, ditutup spanduk. (M Sholihin/detikcom)Lubang Jl Sholeh Iskandar (Sholis) Kota Bogor, 29 November 2022, ditutup spanduk. (M Sholihin/detikcom)

Sebab munculnya lubang

Adrianto menyebut lubang mirip sumur itu muncul diduga akibat patahan konstruksi saluran air di bawah Jl Sholis. Patahan ini membuat jalan ambles dan berujung membentuk lubang mirip sumur.

"Minggu lalu sudah kami survey sebelum terjadi lubang. (Penyebab lubang) ada cross drainage (gorong-gorong) yang patah di kedalaman kurang lebih 3 meter," terang Adrianto.

Pantauan detikcom, lubang menganga mirip lubang sumur itu berada tepat di tengah lintasan kendaraan di Jl Sholis Kota Bogor. Diameter lubang itu berukuran cukup besar menyerupai lingkaran ban truk tronton.

Di titik lubang, tampak bekas tambalan aspal yang masih menghitam berbentuk kotak di sekitar lubang. Di sisi lubang, jalan tampak menurun atau ambles sehingga membuat lintasan bergelombang.

Lubang dengan kedalaman sekitar 3 meter itu kini ditutupi selembar spanduk bekas berwarna putih. Traffic cone dan barier berwarna oranye juga tampak dipasang mengelilingi lubang. Papan pemberitahuan juga dipasang dengan jarak sekitar 3 meter dari titik lubang. Lubang ini muncul dini hari tadi.

(dnu/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT