310 Personel Polisi Jaga Reuni 212 di Masjid At-Tin TMII

ADVERTISEMENT

310 Personel Polisi Jaga Reuni 212 di Masjid At-Tin TMII

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 16:15 WIB
Polisi
Ilustrasi polisi (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya telah menerima surat pemberitahuan terkait kegiatan Reuni 212 di Masjid Agung At-Tin, TMII, Jakarta Timur. Ratusan personel disiapkan untuk mengawal dan menjaga kegiatan tersebut.

"Personel yang kita turunkan di Masjid At-Tin itu 310 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi, Kamis (1/12/2022).

Selain menurunkan personel di Masjid At-Tin, polisi disiagakan di depan DPR dan Monas. Namun, Zulpan menyebut titik Reuni 212 tahun ini akan terpusat di Masjid At-Tin.

Zulpan mengatakan pihaknya akan memberikan pelayanan dan pengamanan maksimal selama Reuni 212 berlangsung. Kantong-kantong parkir di sekitar lokasi bakal disiapkan.

"Kita sudah siapkan pengamanan di lokasi terkait penempatan kendaraan bermotor yang dibawa oleh para peserta. Untuk di lokasi acara kan ini ibadah kegiatan yang disampaikan, kita menyiapkan kekuatan 310 personel di tempat acara dari Polda Metro dan ditambah dari Polres Jaktim," katanya.

Lebih lanjut Zulpan mengimbau para peserta Reuni 212 tetap tertib selama kegiatan berlangsung. Terlebih kegiatan itu mengusung konsep ibadah, bukan aksi unjuk rasa.

"Imbauannya itu kepada para peserta seperti yang disampaikan dalam pemberitahuan itu kalau acara ini konsepnya Istigasah dan Indonesia Bersalawat agar bisa laksanakan kegiatan ini dengan tertib, dengan damai. Kemudian tidak ganggu kepentingan masyarakat yang lain sekitar tempat acara. Polisi akan jaga dan kawal kegiatan itu," ucap Zulpan.

10 Ribu Orang Diperkirakan Hadir

Reuni 212 di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur, akan digelar besok. Surat pemberitahuan kegiatan itu telah diterima pihak kepolisian.

"Jadi buat acara besok itu Polda Metro memang telah terima pemberitahuan dari panitia Reuni 212 untuk adakan acara mereka namakan itu Istigasah Kubro dan Indonesia Bersalawat. Tempatnya itu di Masjid At-Tin di Taman Mini," kata Zulpan.

Zulpan mengatakan sejumlah persyaratan pun telah dipenuhi oleh panitia Reuni 212. Persyaratan itu dari izin Kementerian Agama hingga Satgas COVID.

"Polda Metro Jaya setelah dapat pemberitahuan juga meminta kepada panitia untuk melengkapi prosedur dalam rangka penerbitan izin kegiatan di antaranya dari instansi terkait dari Kementerian Agama, dari Satgas COVID kemudian penanggung jawab acara dan ini kan sudah dipenuhi," jelas Zulpan.

Reuni 212 tahun ini akan dipusatkan di Masjid At-Tin. Sekitar 10 ribu massa diperkirakan akan hadir di lokasi.

"Estimasi jemaah yang disampaikan dalam pemberitahuan itu 10 ribu. Tetapi ini kegiatannya adalah Istigasah Kubro dan Indonesia Bersalawat. Jadi kegiatan keagamaan yang mereka sampaikan," ucap Zulpan.

Lihat juga video 'Keluarga Warga yang Ditembak Polisi Demo di Polres Pelabuhan Belawan':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman selanjutnya....



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT