Blangko E-KTP Menipis, Dukcapil Kota Bogor Terbitkan KTP Digital

ADVERTISEMENT

Blangko E-KTP Menipis, Dukcapil Kota Bogor Terbitkan KTP Digital

M Sholihin - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 14:44 WIB
KTP digital bakal digencarkan pemerintah untuk mengantisipasi hilangnya dokumen penting. Bagaimana sederet informasi terbarunya?
Ilustrasi KTP (Andhika Prasetia/detikcom)
Bogor -

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor mulai menerbitkan kartu tanda penduduk (KTP) digital. Penerbitan KTP digital dilakukan untuk menyiasati menipisnya stok blangko e-KTP.

"Di Kota Bogor masyarakat mulai mendaftarkan digital KTP itu sudah sejak awal September, Oktober sudah mulai aplikasikan, sekarang sudah 2.000-an pengguna," kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Mugi Lastono, Kamis (1/12/2022).

Mugi menyebutkan penerbitan KTP digital yang awalnya hanya akan diberlakukan untuk ASN di Kota Bogor, kemudian dialihkan untuk masyarakat umum. Dia mengatakan stok blangko e-KTP per bulan ini makin sedikit.

"Nah dalam kaitan itu, daerah yang masih punya blangko e-KTP agar hanya untuk melayani pendaftar baru yang belum pernah punya KTP. Nah yang sudah pernah punya KTP atau misalnya ada perubahan data atau hilang atau rusak, itu diarahkan untuk didaftarkan digital KTP," tambahnya.

Dalam penerbitan KTP digital, kata Mugi, masyarakat bisa mendaftar secara mandiri melalui aplikasi. Proses pendaftaran kemudian diverifikasi secara virtual.

"Nanti verifikasi data dilakukan secara virtual melalui Zoom, karena proses aktivasi hanya bisa dilakukan melalui komputer di kantor Disdukcapil," terang Mugi.

"Nanti KTP digital ini akan memiliki fungsi yang sama sebagai tanda identitas, termasuk ketika kita berkomunikasi dengan pihak bank, kita juga berikan surat keterangan (suket) sebagai tanda bukti tang bersangkutan sudah melakukan perekaman," lanjut dia.

(idn/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT