Tawa Sambo Diungkap Eliezer gegara Salah Pakai Senjata

ADVERTISEMENT

Tawa Sambo Diungkap Eliezer gegara Salah Pakai Senjata

Wilda Hayatun Nufus, Wildan Noviansyah - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 20:19 WIB
Bharada Richard Eliezer menjalani sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (31/10/2022). Asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo, Susi dihadirkan sebagai saksi dalam sidang lanjutan tersebut.
Richard Eliezer (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Bharada Richard Eliezer alias Bharada E mengungkap momen pertemuan antara Bripka Ricky Rizal dan Ferdy Sambo setelah pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Bharada E mengatakan saat itu Ferdy Sambo sempat tertawa sambil mengaku salah memakai senjata ketika membunuh Yosua.

Hal tersebut diungkapkan Richard saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J di PN Jaksel, Rabu (30/11/2022). Duduk sebagai terdakwa, Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal. Dalam sidang itu Bharada E juga menceritakan detik-detik penembakan Brigadir Yosua.

Richard mengatakan saat itu dia dan Bripka Ricky dipanggil untuk menghadap Ferdy Sambo di kediamannya. Berulang kali Ferdy Sambo sambil tertawa menjelaskan salah menggunakan senjata saat mengeksekusi Yosua.

"Itu bukan di Provos, tapi di kediaman. Jadi saat itu ada saya, Bang Ricky juga. Sempat beliau berulang-ulang kali ke kami bilang sambil ketawa, sempat bilang salah pakai senjata," kata Richard di ruang sidang, Rabu (30/11/2022).

"Penyampaian itu kayaknya ada yang salah, sambil ketawa?" tanya jaksa.

"Iya sambil ketawa dia," jawab Richard.

"Salah tembakkah?" timpal Jaksa.

"Salah pakai senjata," jawab Richard.

Eliezer Didakwa Bersama Ricky dan Kuat Ma'ruf

Eliezer dalam sidang ini sebagai saksi dalam perkara Biripka Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf. Eliezer juga jadi terdakwa dalam kasus ini. Dia didakwa bersama-sama dengan Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Ma'ruf, dan Bripka Ricky Rizal melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat. Eliezer disebut dengan sadar dan tanpa ragu menembak Yosua.

Dalam perkara ini, para terdakwa didakwa melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Ricky Rizal Tepis Sambo Tertawa

Bripka Ricky Rizal menepis keterangan Richard Eliezer. Ricky awalnya memaparkan kesaksian Eliezer yang menyebut dirinya juga ikut dikumpulkan saat Sambo menyampaikan salah senjata sambil tertawa usai membunuh Yosua. Ricky mengatakan Sambo tidak pernah menyampaikan itu.

"Saya tidak pernah disampaikan sama Bapak beliau salah tembak yang menggunakan senjata itu bersama RE," kata Ricky saat sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2022).

"Maksudnya?" tanya hakim.

"Tadi Saudara RE menyampaikan beberapa saat setelah penembakan, kami dikumpulkan dan kami dipanggil terus disampaikan Bapak itu salah tembak sampai ketawa-ketawa sama RE, sama saya. Bahwa beliau salah menggunakan senjata, salah nembak, saya tidak pernah mendengar itu dari Bapak FS," papar Ricky.

(yld/yld)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT