Dishub DKI Targetkan 2023 Sudah Ada Operator Baru Program Sepeda Sewa

ADVERTISEMENT

Dishub DKI Targetkan 2023 Sudah Ada Operator Baru Program Sepeda Sewa

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 19:51 WIB
Warga melintas di dekat sepeda sewa yang rusak di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (29/11/2022). Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menarik 218 unit sepeda sewa di 67 titik tambat di ibu kota secara bertahap karena kesulitan pendanaan dari operator. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym.
Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Jakarta -

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan saat ini ada sejumlah operator yang berminat untuk melanjutkan layanan sewa sepeda digital yang saat ini dalam kondisi terbengkalai. Syafrin menargetkan 2023 sudah ada operator baru.

"Ada beberapa yang berminat, tentunya nanti akan kita tindaklanjuti," kata Syafrin di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022).

"Kami harapkan tahun depan ini sudah mulai ada yang masuk untuk operasional, triwulan pertama targetnya sudah ada yang operasional," sambungnya.

Syafrin mengatakan rencananya dari operator baru akan ada 417 sepeda sewa yang beroperasi. Dia menyebut nantinya pihaknya akan membagi kawasan-kawasan tertentu, sehingga operator yang masuk dapat bersaing secara baik.

"Tentu sesuai dengan sekarang, kan contoh yang kami uji coba kan ada 66 titik total sekitar 417 sepeda sewa yang operasional, paling tidak minimal sama dengan itu, atau nanti secara periodik mereka bisa melakukan evaluasi berapa banyak kebutuhan dari 66 titik tambat yang sekarang sudah diidentifikasi kemarin, pelayanannya juga dibutuhkan masyarakat dalam beraktivitas," ujarnya.

Sebelumnya, layanan sewa sepeda digital 'Gowes' menggunakan QR code buatan Pemprov DKI kondisinya rusak dan terbengkalai. Hal itu lantaran tidak banyak peminatnya.

Salah satunya berada di kawasan Taman Menteng, Jakarta Pusat. Layanan sewa sepeda digital 'Gowes' atau 'Bike Sharing' menggunakan QR code yang dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta era Anies Baswedan saat ini tidak banyak peminat.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan program sewa sepeda tetap dilanjutkan. Dia mengatakan saat ini pihaknya tengah mencari operator lain.

"Sebagai tindak lanjut Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 36 Tahun 2022, Dishub sebagai regulator mencoba mengembangkan dan menciptakan lingkungan ramah usaha dan daya saing bagi calon penyedia layanan sepeda sewa multioperator," kata Syafrin saat dihubungi, Rabu (30/11).

"Terkait hal ini kami telah melakukan sosialisasi kepada stakeholder termasuk calon operator yang memiliki potensi dalam penyelenggaraan sepeda sewa," sambungnya.

Simak juga 'Heru Pastikan Drone Pantau Buang Sampah Sembarangan Jalan Terus':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT