Dishub DKI Tarik 218 Sepeda Sewa 'Gowes' yang Terbengkalai

ADVERTISEMENT

Dishub DKI Tarik 218 Sepeda Sewa 'Gowes' yang Terbengkalai

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 15:10 WIB
Layanan Sepeda Gowes di Taman Menteng
Layanan Sepeda 'Gowes' di Taman Menteng (Brigitta/detikcom)
Jakarta -

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menarik 218 sepeda sewa yang ada di sejumlah titik. Hal itu lantaran banyaknya sepeda sewaan digital 'Gowes' yang kini terbengkalai tidak terurus.

"Saat ini ada 218 sepeda 'Gowes' telah diangkat dan tidak dioperasikan," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Rabu (30/11/2022).

Syafrin mengatakan pandemi COVID-19 menjadi salah satu faktor uji coba sepeda 'Gowes' terbengkalai. Dia menyebut saat ini 'Gowes' tidak dapat melanjutkan operasional sepeda sewa, sehingga pihaknya menarik sejumlah sepeda tersebut.

"Pandemi COVID-19 yang melanda kita sejak 2020 juga berdampak bagi 'Gowes' sebagai operator sepeda sewa untuk melanjutkan uji coba. Saat ini 'Gowes' tidak mampu lagi melanjutkan operasional sepeda sewa dan butuh investor untuk melakukan perawatan sepeda sewa cukup tinggi dan untuk upgrade aplikasinya dari 2G menjadi 4G," ujarnya.

"Untuk ini kami telah berkoordinasi dengan 'Gowes' selaku operator sepeda sewa untuk menarik sepedanya pada 33 titik tambat," sambung Syafrin.

Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 36 Tahun 2022, Syafrin mengatakan pihaknya mencoba untuk mengembangkan lingkungan ramah usaha, serta daya saing bagi calon penyedia layanan sepeda sewa. Dia menyebut terkait hal itu, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada stakeholder dan calon operator yang berpotensi dalam penyelenggaraan sepeda sewa.

"Pada 22 November 2022, Dishub bersama dengan ITDP dan Jakarta Investment Center DPMPTSP telah menyelenggarakan Bike Sharing Summit sebagai bentuk percepatan penyelenggaraan sepeda sewa," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, layanan sewa sepeda digital 'Gowes' menggunakan QR code buatan Pemprov DKI Jakarta saat ini tidak banyak peminatnya. Kini kondisinya rusak dan terbengkalai.

Salah satunya berada di kawasan Taman Menteng, Jakarta Pusat. Layanan sewa sepeda digital 'Gowes' atau 'Bike Sharing' menggunakan QR code yang dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta era Anies Baswedan saat ini tidak banyak peminat.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku kaget. Dia belum mengetahui perihal banyaknya sepeda sewaan yang terbengkalai dan akan mengeceknya.

"Saya belum tahu. Masa iya? Nanti saya cek," kata Heru di kantor Kelurahan Petogogan, Jumat (25/11).

Lihat juga Video: Mejeng di IMOS 2022, Harga Sepeda Listrik Ini Bikin Bergidik!

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT