Pemprov DKI Akan Revitalisasi M Bloc Jadi Kawasan Rekreasi

ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Akan Revitalisasi M Bloc Jadi Kawasan Rekreasi

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 19:25 WIB
Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho
Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho mengatakan M Bloc Space di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, akan direvitalisasi. M Bloc rencananya akan dijadikan kawasan rekreasi.

Hal itu disampaikan Hari usai rapat bersama sejumlah dinas terkait di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022). Hari mengungkapkan dalam rapat itu membahas masalah revitalisasi M Bloc.

"Masalah ini, masalah penataan M Bloc. Mau dibuat, direvitalisasi, untuk tempat semacam ruang ketiga. Jadi tempat untuk taman, interaksi, dan sebagainya. Di situ, salah satunya ada penataan, revitalisasi, pedestrian," kata Hari.

Hari mengatakan nantinya akan ada pengembangan kawasan MRT dan terminal Blok M. Dia menyebut bekas terminal Blok M akan dibuat seperti ruang interaksi ketiga, sehingga kawasan tersebut dapat menjadi kawasan destinasi.

"Kemudian tempat untuk berinteraksi, semacam tempat orang untuk healing-lah, kan kota perlu tempat-tempat interaksi kayak gitu, kayak rekreasi gitu," ujarnya.

"Jadi dari kantor Peruri, kan itu merupakan kawasan heritage, yang akan dikembangkan menjadi kawasan hijau, ada tempat bermain, ada tempat interaksi, dan sebagainya," sambungnya.

Lebih lanjut, Hari mengatakan untuk pendanaannya, Peruri akan membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) terlebih dulu. Setelah itu, baru dilihat dan disesuaikan dengan anggaran Pemprov DKI.

"Nanti kan mereka akan membuat RAB dulu, pihak Peruri nya. Nanti apa yang bisa masuk dari Pemda, ya masuk. Kalau saya ada di situ, ya masuk anggaran. Pak Syafrin (Kadishub) masalah jalur sepeda atau masalah apa, Pak Syafrin masuk. Pak Iwan (Kadisbud) kaitan masalah cagar budaya masuk. Jadi semua kolaborasi di situ," kata Hari.

Hari mengatakan rencana tersebut masih dalam tahap pembahasan. Dia menyebut akan mematangkan terlebih dulu konsep revitalisasi itu.

"Ya rencananya kan, lagi konsep dulu. Konsep, nanti dimatangkan, kalau ada yang bisa masuk duluan, masuk duluan. Nanti detailnya, ini masih pembahasan awal," tuturnya.

Simak juga 'Ngedate Antimainstream! Nyablon Bareng Pasangan di Yori Studio':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT