Orasi Ilmiah di Wisuda UBK, Ini Pesan Puan untuk Para Sarjana

ADVERTISEMENT

Orasi Ilmiah di Wisuda UBK, Ini Pesan Puan untuk Para Sarjana

Sukma Nur Fitriana - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 18:50 WIB
Puan Maharani
Foto: dok. DPR RI
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani mengisi orasi ilmiah dengan tema 'Sarjana Unggul Berkarakter Pancasila Membangun Indonesia di Era Digital' dalam acara wisuda Universitas Bung Karno (UBK) hari ini. Dalam kesempatan itu, ia mengajak para wisudawan/wisudawati untuk berpartisipasi membangun Indonesia.

"Saya ucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang baru saja mendapatkan ijazah dan gelar akademiknya. Hari ini sangat didambakan dan menjadi kebanggaan bagi para wisudawan dan wisudawati," kata Puan dalam keterangan tertulis, Rabu (30/11/2022).

Lebih lanjut, perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu mengawali orasinya dengan memberikan motivasi kepada para lulusan UBK. Puan menceritakan mengenai r prestasinya sebagai perempuan pertama dan termuda sebagai Ketua DPR RI.

"Kalau kalian punya cita-cita, insyaallah akan tercapai jika kerja keras dan disiplin. Jangan kalah dengan para laki-laki," tuturnya.

Puan menegaskan dirinya tidak langsung menjadi Ketua DPR. Ia menegaskan dirinya pun berproses dari bawah ketika memutuskan memasuki dunia politik.

Ia mengatakan Universitas Bung Karno telah bergotong royong dan bekerja bersama dalam mewujudkan tujuan berbangsa dan bernegara, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Menurutnya, upaya mencerdaskan kehidupan bangsa bukanlah sekadar kecerdasan dalam ilmu pengetahuan, melainkan juga kecerdasan dalam hal kebudayaan.

"Sehingga mencerdaskan kehidupan bangsa adalah merupakan Nation and Character Building, Pembangunan Karakter Bangsa. Nation and Character building, selalu digelorakan oleh Bung Karno," ungkap Puan.

Peraih gelar Doktor Honoris Causa dari Pukyong National University (PKNU) Korea Selatan itu, kemudian mengutip pernyataan Bung Karno dalam pidatonya pada HUT RI tahun 1966. Menurutnya, sang kakek menyatakan keahlian tentu diperlukan, tetapi harus dilandaskan pada jiwa yang besar untuk mencapai tujuannya.

"Inilah perlunya, sekali lagi MUTLAK perlunya, Nation and Character Building. Memberikan self respect kepada bangsa sendiri, memberikan self confidence kepada diri bangsa sendiri, memberikan kesanggupan untuk berdikari," tambah Puan mengutip Bung Karno.

Puan menyebut, UBK memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun Nation and Character Building. Peran tersebut untuk membangun kebersamaan yang dapat memberikan rasa cinta pada tanah air, memberikan rasa percaya diri sebagai bangsa, serta yang memberikan kesanggupan untuk berdikari dalam membangun kemajuan bangsa dan negara.

Ia turut menyoroti UBK yang memiliki mata kuliah khusus untuk mengajarkan ajaran Bung Karno. Menurutnya, hal tersebut akan membekali setiap lulusan UBK untuk dapat memiliki karakter pribadi dan warga negara sebagai manusia Indonesia yang mendasarkan cipta, rasa, karsa dan karyanya berlandaskan pada kepribadian dan kebudayaan Indonesia.

"Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas upaya Universitas Bung Karno membangun manusia Indonesia sebagai kader bangsa, yang memiliki wawasan kebangsaan, rasa cinta tanah air, yang juga memiliki kualitas daya saing," ucap Puan.

Simak juga 'KSAL Laksamana Yudo Margono Resmi Jadi Calon Panglima TNI':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT