Sebut Ada Kesamaan Nilai, Puan Sambut Baik Hubungan RI-AS

ADVERTISEMENT

Sebut Ada Kesamaan Nilai, Puan Sambut Baik Hubungan RI-AS

Atta Kharisma - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 12:41 WIB
Puan Maharani usai pertemuan antara DPR RI & Parlemen AS di Forum P20 di Senayan, Jakarta
Foto: DPR-Puan Maharani usai pertemuan antara DPR RI & Parlemen AS di Forum P20 di Senayan, Jakarta
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani menyambut baik hubungan bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat yang terus berjalan positif di tengah dinamika geopolitik. Menurutnya, kedua negara memiliki beragam kesamaan nilai, seperti penghormatan demokrasi dan HAM, toleransi dan kemajemukan, supremasi hukum serta menjaga stabilitas keamanan kawasan.

"Nilai-nilai ini telah menjadi landasan yang kuat bagi hubungan bilateral kedua negara yang telah terjalin selama puluhan tahun," ujarnya dikutip dari situs resmi DPR RI, Rabu (30/11/2022).

Puan menyebutkan salah satu bukti nyata dari hubungan bilateral yang kuat ini adalah adanya kemitraan strategis yang menjadi payung bagi kerja sama kedua negara di berbagai bidang. Misalnya di bidang maritim, pertahanan, energi, serta bahan bakar dan energi terbarukan.

Hal ini, sambung Puan, sekaligus menjadi pondasi bagi kerja sama yang memperkuat hubungan people-to-people seperti di bidang pendidikan, ekonomi digital, dan U.S. Peace Corps di Indonesia.

Puan menyampaikan kemitraan strategis tersebut sangat penting bagi kedua negara. Terutama, di saat bangsa Indonesia sedang menghadapi tantangan kompleks lantaran inflasi dan biaya energi yang tinggi, masalah ketahanan pangan serta dinamika geopolitik termasuk konflik di Ukraina. Pada saat yang sama, Indonesia masih harus dihadapkan dengan situasi pemulihan pasca pandemi.

"Di bidang politik dan keamanan, saya mencatat beberapa kerja sama yang dapat dikembangkan seperti penanggulangan terorisme, khususnya melalui pertukaran informasi dan peningkatan kapasitas, kerja sama siber, dan kerja sama maritim," tuturnya.

Puan berharap kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat dapat ditingkatkan guna menangani isu global dan kawasan seperti transisi politik di Afghanistan, stabilitas Laut China Selatan, denuklirisasi Semenanjung Korea, dan pemajuan demokrasi.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT