Polisi Upayakan Restorative Justice di Kasus Penghinaan Dewi Perssik

ADVERTISEMENT

Polisi Upayakan Restorative Justice di Kasus Penghinaan Dewi Perssik

Mulia Budi - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 18:04 WIB
Winarsih (kemeja garus coklat) tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik Dewi Perssik kembali meminta maaf.
Winarsih meminta maaf kepada ibunda Dewi Perssik. (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Mediasi antara Dewi Perssik dan tersangka penghinanya, Winarsih, belum mencapai kesepakatan. Meski begitu, polisi masih mengupayakan agar kasus tersebut diselesaikan dengan mekanisme restorative justice.

"Penyidik tetap berprinsip bahwa sanksi pidana merupakan upaya terakhir dalam penanganan perkara tersebut, pendekatan restorative justice tetap dikedepankan dalam penyelesaian perkara saudari DP," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy kepada wartawan, Rabu (30/11/2022).

Irwandhy mengatakan penerapan prinsip restorative justice itu sesuai dengan perintah di surat edaran Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dia mengatakan Winarsih juga telah diperiksa sebagai tersangka.

"Terkait penanganannya perkara saudari DP, penyidik tetap berpedoman pada Surat Edaran Kapolri, No. SE/2/II/2021 tentang Kesadaran Budaya Beretika untuk Mewujudkan Ruang Digital Indonesia yang Bersih, Sehat, dan Produktif," ujar Irwandhy.

"Saat ini saudari W sudah kami tetapkan sebagai tersangka, berikut pemeriksaan sebagai tersangka juga sudah dilakukan," imbuhnya.

Dia mengatakan polisi tetap mempersilakan Winarsih dan Dewi Perssik untuk melakukan mediasi kembali. Dia menyebut kasus itu menjadi pembelajaran agar lebih berhati-hati menggunakan media sosial.

"Namun kami tetap memberikan ruang kepada pihak yang berperkara untuk melakukan mediasi. Perkara ini menjadi perhatian dan pembelajaran bagi kita semua agar lebih cerdas dan berhati-hati dalam berinteraksi di ruang digital," ujarnya.

Seperti diketahui, Winarsih telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penghinaan kepada Dewi Perssik. Winrasih tak ditahan polisi karena ancaman hukuman di bawah 5 tahun penjara.

Baca di halaman selanjutnya: Winarsih memohon ampunan.....

Simak Video 'Tersangka Penghina Dewi Perssik Minta Maaf hingga Sujud':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT