Waspada! Ini Wilayah Rawan Terdampak Gempa di Kabupaten Bogor

ADVERTISEMENT

Waspada! Ini Wilayah Rawan Terdampak Gempa di Kabupaten Bogor

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 11:49 WIB
Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur dengan kekuatan 5,6 magnitudo menghancurkan bangunan di daerah Kadidampit, Cilaku.
Ilustrasi Kerusakan Akibat Gempa Bumi (Siti Fatimah/detikcom)
Jakarta -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat sejumlah wilayah yang kerap rawan terdampak gempa di Kabupaten Bogor. Hal itu berdasarkan catatan sejumlah gempa yang pernah melanda kawasan di sekitar Kabupaten Bogor.

"Kalau histori gempa kita biasanya terdampak dari wilayah lain seperti Banten, Palabuhanratu. Biasanya yang terdampak daerah perbatasan kayak Sukajaya, Nanggung, tuh ya yang berbatasan langsung dengan Sukabumi. Terus kemudian daerah Cigombong, Cijeruk, kalau terjadi gempa juga biasanya terdampak," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor Agus Suyatna saat dihubungi, Selasa (29/11/2022).

Menurutnya gempa yang melanda kawasan Cianjur pada Senin (21/11) lalu merupakan hal yang baru sehingga kawasan yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur juga kena dampaknya.

"Nah baru terjadi sekarang kita berdampak juga nih dari Cianjur. Itu daerah-daerah yang kena dampak kemarin Cisarua, Megamendung, Sukamakmur, yang berbatasan dengan Cianjur," ucapnya.

Agus menjelaskan, berdasarkan catatannya, Kabupaten Bogor tidak memiliki potensi pusat gempa bumi. Namun gempa bumi yang kerap melanda wilayah sekitar Kabupaten Bogor berdampak pada wilayah Kabupaten Bogor bagian selatan dan barat.

"Memang Kabupaten Bogor historisnya tidak punya potensi pusat gempa, kita cuma dampaknya aja. Kalau dari Banten biasanya kenanya tuh di Nanggung banyak, Sukajaya, termasuk Pamijahan juga dampaknya. Pokoknya yang berbatasan langsung aja daerah Banten dan Sukabumi. Cijeruk, Cigombong, Pamijahan, Sukajaya, Nanggung, sana tuh biasanya ada pengaruh gempa. Baru kemarin nih di Sukamakmur kena juga," ungkapnya.

Pemkab Bikin Peta Rawan Terdampak Gempa

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar diskusi bertajuk 'Kesiapsiagaan Menghadapi Potensi Bencana Gempa Bumi di Kabupaten Bogor.' Hasilnya, salah satu bentuk upaya mitigasi yang dilakukan adalah dengan membuat peta rawan terdampak gempa bumi di wilayah Kabupaten Bogor.

"Ada, kita udah dapat (petanya). Gempa itu bisa dilihat nanti dari gempa kejadian-kejadian yang pernah. Ada tadi peta yang mendata titik-titik di Kabupaten Bogor," kata Kepala BPBD Kabupaten Bogor Yani Hassan seusai diskusi tersebut, Jumat (25/11).

Hal itu dilakukan setelah gempa M 5,6 melanda wilayah Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11) lalu. Wilayah itu sendiri secara langsung berbatasan dengan Kabupaten Bogor.

"Yang pasti kita untuk kesiapsiagaan, karena ini ada juga kita melihat kejadiannya kan secara letak itu dekat dengan Kabupaten Bogor," ujarnya.

(dwia/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT