Cerita Anggota TNI Manfaatkan JKN untuk Berobat-Persalinan Istri

ADVERTISEMENT

Cerita Anggota TNI Manfaatkan JKN untuk Berobat-Persalinan Istri

Dea Duta Aulia - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 07:30 WIB
Testimoni Peserta BPJS Kesehatan
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Seorang peserta JKN Adji Darmawan (29) mangkui merasakan manfaat dari program BPJS Kesehatan. Pria yang berprofesi sebagai anggota TNI ini mengatakan prosedur untuk memanfaatkan program BPJS Kesehatan sangat mudah dan tidak berbelit-belit.

"Setelah memastikan sendiri, kami mantap menggunakan BPJS Kesehatan. Ternyata mulai dari pemeriksaan kehamilan sampai lahiran, dan tidak ada yang ribet prosesnya. Mungkin kabar di luar sana ribet karena pesertanya belum paham prosedurnya saja," kata Adji dalam keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

Pria yang tinggal di Kota Tanjungpinang ini mengatakan manfaat yang dirasakan dari program tersebut ketika sang istri menjalankan persalinan. Sebab ia tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Semua biaya yang timbul sudah lunas ditanggung JKN.

Proses pendaftaran kartu JKN anaknya pun dibantu oleh pihak fasilitas kesehatan. Sepanjang memanfaatkan Program JKN, Adji merasa layanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan pun terbilang memuaskan, tidak dibeda-bedakan dengan pasien umum yang membayar dengan biaya sendiri.

"Selain untuk persalinan istri saya sering pakai kartu JKN juga untuk berobat. Sekedar sakit panas, batuk dan pilek seperti sakit-sakit ringan saya periksa ke fasilitas kesehatan pakai JKN. Meskipun sakit ringan jangan disepelekan. Kalau tidak punya jaminan dan berulang kali sakit ringan, biayanya pasti tetap berat," katanya.

Ia berharap program tersebut bisa terus hadir dan berinovasi. Sehingga layanan kesehatan bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

"(Berharap) Program JKN agar terus berinovasi memberikan penjaminan kesehatan seluruh masyarakat dengan lebih mudah lebih juga praktis. Program JKN dapat bermanfaat untuk semua dan jaminan merata menjangkau ke semua elemen masyarakat," tutupnya.

(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT