Mudahkan Berobat Jadi Alasan Asriani Daftar BPJS Kesehatan

ADVERTISEMENT

Mudahkan Berobat Jadi Alasan Asriani Daftar BPJS Kesehatan

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 19:22 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan dinilai membawa banyak manfaat, khususnya dalam mempermudah akses layanan kesehatan. Tidak heran bila JKN kerap diandalkan masyarakat untuk berobat.

Hal itu diakui pula oleh Asriani (42). Karena itu, ia terdorong untuk mendaftarkan diri kembali menjadi peserta JKN pada segmen kepesertaan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau biasa disebut juga sebagai peserta mandiri.

"Saya datang ke sini untuk mendaftar menjadi peserta mandiri, karena saya merasa menjadi peserta JKN itu penting dan manfaatnya sangat saya rasakan. Sebelumnya, saya juga telah terdaftar sebagai peserta yang ditanggung pemerintah. Namun karena kepesertaan itu sudah tidak aktif lagi, jadi saya mendaftar sebagai peserta mandiri," ungkap Asriani dalam keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

Asriani menyebut dirinya sebagai peserta mendapatkan layanan yang sangat baik di fasilitas kesehatan menggunakan kartu JKN. Baik itu saat periksa kesehatan di Puskesmas maupun saat menjalani operasi di rumah sakit. Menurutnya layanan yang diberikan bagus, selain itu juga tidak memerlukan biaya tambahan.

"Saya sudah manfaatkan kartu JKN saat berobat di Puskesmas dan rumah sakit. Menurut saya sangat bagus dan tidak ada tambahan biaya yang dibayarkan, pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN juga sangat baik, tidak dibeda-bedakan dengan pasien lainnya. Saya bersyukur bisa cepat pulih dan beraktivitas kembali," katanya.

Dia menambahkan saat ini telah banyak kemudahan yang diberikan bagi peserta JKN. Layanan autodebit salah satunya. Dengan autodebit ini, dirinya tidak lagi khawatir akan keterlambatan pembayaran iuran, karena otomatis terpotong dari rekeningnya dan dapat memastikan kepesertaannya senantiasa dalam status aktif.

"Dengan autodebit menurut saya sangat memudahkan, karena terpotong langsung di rekening, jadi tidak khawatir lagi harus pergi membayar tiap bulan. Apalagi kalau saya lupa, jadi semua bisa teratasi dengan baik," tukasnya.

Dia pun berharap ke depan pelayanan kepada peserta JKN dapat terus ditingkatkan.

(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT