Layanan Sepeda Sewa 'Gowes' Terbengkalai, Dishub DKI: Sedang Dievaluasi

ADVERTISEMENT

Layanan Sepeda Sewa 'Gowes' Terbengkalai, Dishub DKI: Sedang Dievaluasi

Brigitta Belia Permata Sari - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 16:32 WIB
Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo.
Foto: Silvia/detikcom
Jakarta -

Layanan sewa sepeda digital 'Gowes' menggunakan QR code saat ini tidak banyak peminat dan kondisinya rusak terbengkalai. Menanggapi hal itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatakan layanan sepeda itu sedang dalam tahap evaluasi.

"Sepeda sewa sedang dalam tahap evaluasi seiring dengan terbitnya Pergub 36 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan sepeda terintegrasi angkutan umum massal. Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2020 kami melakukan uji coba sepeda sewa sambil menunggu regulasi, dalam uji coba operator yang berminat adalah 'Gowes'," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Sabtu (26/11/2022).

Ia menuturkan operator sepeda sewa 'Gowes' tidak mampu melanjutkan operasional dan membutuhkan investor untuk melakukan perawatan sepeda. Dishub juga telah berkoordinasi dengan 'Gowes' untuk menarik sepedanya di 33 titik.

"Pandemi COVID-19 di tahun 2020 juga berdampak bagi Gowes sebagai operator sepeda sewa untuk melanjutkan uji coba. Saat ini 'Gowes' tidak mampu lagi melanjutkan operasional sepeda sewa dan butuh investor untuk melakukan perawatan cukup tinggi dan untuk upgrade aplikasinya dari 2G menjadi 4G. Untuk ini, kami telah berkoordinasi dengan Gowes selaku operator sepeda sewa untuk menarik sepedanya pada 33 titik," tuturnya.

Saat ini Dishub DKI telah melakukan sosialisasi kepada pihak yang memiliki potensi dalam menyelenggarakan sepeda sewa tersebut.

"Dishub sebagai regulator mencoba mengembangkan dan menciptakan lingkungan ramah usaha dan daya saing bagi calon penyedia layanan sepeda sewa multioperator. Terkait hal ini, kami telah melakukan sosialisasi kepada stakeholder, termasuk calon operator yang memiliki potensi dalam penyelenggaraan sepeda sewa," ujar Syafrin.

"Pada tanggal 22 November 2022, Dishub bersama Indonesia Tourism Development Project (ITDP) dan Jakarta Investment Center DPMPTSP telah menyelenggarakan Bike Sharing Summit sebagai bentuk percepatan penyelenggaraan sepeda sewa," tambahnya

Sebelumnya diberitakan layanan sewa sepeda digital 'Gowes' menggunakan QR code buatan Pemprov DKI Jakarta saat ini tidak banyak peminatnya. Kini kondisinya rusak dan terbengkalai.

Salah satunya berada di kawasan Taman Menteng, Jakarta Pusat. Layanan sewa sepeda digital 'Gowes' atau 'Bike Sharing' menggunakan QR code yang dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta era Anies Baswedan saat ini tidak banyak peminat.

Kini kondisinya terbengkalai dengan sejumlah unit sepeda tak terawat dan mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan jok sepeda yang terlihat sobek.

Simak juga 'DKI Bakal Umumkan UMP 2023 Senin Pekan Depan':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT