Bus Rombongan Untirta Terguling: Kronologi hingga Penyebab Kecelakaan

ADVERTISEMENT

Bus Rombongan Untirta Terguling: Kronologi hingga Penyebab Kecelakaan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 16:05 WIB
Bus rombongan Untirta terguling di Lebak, Banten pada Jumat (25/11/2022). Seluruh penumpang dalam bus tersebut selamat, hanya mengalami luka ringan.
Bus rombongan Untirta terguling (Foto: Fathul Rizkoh/detikcom)
Jakarta -

Bus rombongan Untirta terguling di Lebak, Banten pada Jumat (25/11/2022). Terdapat sejumlah mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dalam kendaraan tersebut. Dilaporkan, tidak ada korban tewas dalam kecelakaan tersebut.

Lantas, bagaimana kronologi kecelakaan tersebut? Simak informasinya di bawah ini.

Kronologi Bus Rombongan Untirta Terguling

Bus rombongan mahasiswa Untirta mengalami kecelakaan di Kampung Cibunut, Desa Cisimeut Raya, Kecamatan Leuwidamar, Lebak, Banten pada Jumat (25/11/2022) sekitar pukul 12.00 WIB. Diduga, bus tersebut gagal menanjak saat menuju perkampungan Baduy.

"Iya benar (kecelakaan) mahasiswa Untirta, mohon waktu ya, anggota sudah di lokasi untuk evakuasi," kata Kasat Lantas Polres Lebak AKP Fiat Ari Suhada, dikutip detikcom, Sabtu (26/11/2022).

Salah satu mahasiswa bernama Anisa mengatakan ada tiga bus berisi rombongan mahasiswa Untirta. Mereka berangkat pagi dari Serang menuju Baduy di Lebak.

Lalu, sekitar pukul 12.00 WIB, bus mengalami kecelakaan di Kampung Cibunut, Desa Cisimeut Raya, Kecamatan Leuwidamar, Lebak. Sopir bus disebut tidak bisa melaju di tanjakan.

"Jadi tadi pas mau nanjak, sopirnya kayak nggak bisa nanjak gitu, terus sopirnya kayak mau ngerem tapi nggak bisa gitu, langsung mundur mobilnya," kata Anisa di Puskesmas Cisimeut, Jumat (25/11/2022).

Bus rombongan Untirta terguling di Lebak, Banten pada Jumat (25/11/2022). Seluruh penumpang dalam bus tersebut selamat, hanya mengalami luka ringan.Bus rombongan Untirta terguling di Lebak, Banten pada Jumat (25/11/2022). Seluruh penumpang dalam bus tersebut selamat, hanya mengalami luka ringan. (Foto: Fathul Rizkoh/detikcom)

Bus Jatuh di Dekat Rumah Warga

Bus mundur dan terjatuh tepat di samping rumah warga. Penumpang bus yang didominasi perempuan itu panik dan sempat terjebak di dalam bus. Mereka dibantu warga setempat untuk keluar melalui kaca belakang bus.

"Iya nggak bisa keluar karena kan mobilnya terbalik. Keluarnya dibantuin warga, kacanya dipecahin terus dibantu, dibawa ke sini (puskesmas). Ada 3 bus, bus kami yang paling belakang," ucap Anisa.

Seorang warga sekitar menceritakan tentang kecelakaan mobil berwarna kuning dengan nomor polisi B-7577-IW itu. Kaca samping, depan, dan belakang terlihat pecah.

"Waktu kejadian saya nggak di lokasi tapi saya mendengar bunyi cukup keras awalnya dikira kapal ternyata bus nyusruk. Nggak ada orang di lokasi kan lagi Jumatan, tangange (tengah hari) juga," kata seorang warga bernama Ninda, dikutip detikcom, Sabtu (26/11/2022).

Kondisi Korban Kecelakaan: Luka Ringan

Ada sekitar 30 penumpang dalam bus tersebut, terdiri dari mahasiswa perempuan, dosen, sopir, dan kernet. Sebanyak 25 mahasiswa Universitas Tirtayasa (Untirta) dilarikan ke Puskesmas Cisimeut, Leuwidamar, Lebak, Banten karena luka ringan akibat kecelakaan.

"Ada 25 orang yang dibawa ke Puskesmas Cisimeut. Semua mengalami luka ringan," kata Kepala Puskesmas Cisimeut Dede Herdiansyah, Jumat (25/11/2022).

Dede mengatakan 25 mahasiswa tersebut mengalami luka ringan di bagian tangan karena terkena pecahan kaca. Ada juga yang mengeluh sakit kepala diduga akibat terkena benturan.

"Semua luka ringan, alhamdulillah sudah kami tangani. Tidak ada yang luka berat, atau korban jiwa hanya luka ringan karena pecahan kaca atau terbentur kepalanya tapi tidak apa-apa," jelas Dede.

Kondisi Membaik, Mahasiswa Kembali ke Serang

Kondisi 25 mahasiswa sudah membaik pasca kecelakaan bus terguling. Para mahasiswa tersebut sudah kembali ke Serang.

"Tadi kan masih ada 9 orang lagi yang masih di dalam (puskesmas) karena masih syok tapi alhamdulillah sekarang sudah pulang semua. Pulang ke Serang tadi (pukul 17.10 WIB)," kata Kepala Puskesmas Cisimeut Dede Herdiansyah.

Penyebab Bus Terguling

Polisi menjelaskan penyebab bus rombongan Untirta terguling. Bus disebut gagal menanjak hingga mundur ke bawah dan menabrak sebuah warung.

"Pada saat di tanjakan sopir oper gigi satu dari gigi dua, pada saat dioper itu gagal akhirnya turun ke bawah," kata petugas Unit Laka Lantas Polres Lebak Bripka Andika Adriansyah, dikutip detikcom, Sabtu (26/11/2022).

Ketika gagal menanjak, sopir langsung banting setir ke kiri. Di kiri jalan, terdapat sejumlah rumah dan warung.

"Iya pastinya (banting setir), lihat situasi di kanannya takut ada kendaraan jadi alih ke kiri. Kondisi di bawahnya ada warung di samping rumah, warung ya yang ditabrak," ujar Andika.

Andika mengatakan bus rombongan Untirta yang terguling itu murni gagal menanjak. Kondisi mobil sendiri masih layak jalan.

"Kondisi kendaraan layak. Nggak ada juga (kelalaian sopir) jadi memang gagal oper gigi aja," jelas Andika.

Simak juga 'Fakta-fakta Kepala BKD Jabar Tewas Dalam Kecelakaan di Tol Cipali':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT