Bus Rombongan Untirta Terguling di Lebak, 25 Mahasiswa Luka-luka

ADVERTISEMENT

Bus Rombongan Untirta Terguling di Lebak, 25 Mahasiswa Luka-luka

Fathul Rizkoh - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 17:05 WIB
Bus rombongan mahasiswa Untirta kecelakaan di Desa Cisimeut, Lebak, Banten. (Foto: Fathul Rizkoh/detikcom)
Bus rombongan mahasiswa Untirta kecelakaan di Desa Cisimeut, Lebak, Banten. (Fathul Rizkoh/detikcom)
Lebak -

Sebanyak 25 mahasiswa Universitas Tirtayasa (Untirta) dilarikan ke Puskesmas Cisimeut, Leuwidamar, Lebak, Banten. Mereka mengalami luka ringan akibat bus yang ditumpangi mengalami kecelakaan.

"Ada 25 orang yang dibawa ke Puskesmas Cisimeut. Semua mengalami luka ringan," kata Kepala Puskesmas Cisimeut Dede Herdiansyah kepada awak media di lokasi, Jumat (25/11/2022).

Dede menjelaskan 25 mahasiswa tersebut mengalami luka ringan di bagian tangan karena terkena pecahan kaca. Ada juga yang mengeluh sakit kepala diduga akibat terkena benturan.

"Semua luka ringan, alhamdulillah sudah kami tangani. Tidak ada yang luka berat, atau korban jiwa hanya luka ringan karena pecahan kaca atau terbentur kepalanya tapi tidak apa-apa," jelasnya.

Kondisi mahasiswa saat ini sudah mulai membaik. Dari 25 mahasiswa yang dilarikan ke puskesmas, kata Dede, tinggal 9 mahasiswa yang belum pulih. Sedangkan 16 mahasiswa lainnya melanjutkan perjalanan menuju perkampungan Baduy.

"Sudah, semua sudah kami tangani. Hanya saja masih ada 9 mahasiswa yang masih di sini (puskesmas) karena mereka masih syok ya setelah kejadian itu. Mereka kami minta istirahat dulu," ujarnya.

"Setelah kondisi mereka kita pastikan membaik, mereka (mahasiswa) sudah ada yang kembali (lanjut ke perkampungan Baduy), ya mungkin di sana lagi ada kegiatan ya," tambahnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa Untirta bernama Anisa mengatakan, dia mengalami luka ringan di bagian lengan dan kaki. Dia sudah mendapat penanganan medis dari puskesmas.

"Luka ringan aja, ini (tangan dan kaki memar). Sudah tadi sudah diperiksa," kata Anis.

Anisa menjelaskan bus rombongan itu hendak ke Baduy. Mereka berasal dari jurusan Pendidikan Sosiologi semester 3, tujuannya melakukan studi di Baduy untuk memenuhi tugas mata kuliah.

"Mau studi lapangan di Baduy. Iya rombongan ada 3 bus, bus kami yang paling belakang," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, bus rombongan mahasiswa Untirta mengalami kecelakaan di Kampung Cibunut, Desa Cisimeut Raya, Kecamatan Leuwidamar, Lebak, Banten. Bus diduga gagal nanjak saat menuju perkampungan Baduy.

"Iya benar (kecelakaan) mahasiswa Untirta, mohon waktu ya, anggota sudah di lokasi untuk evakuasi," kata Kasat Lantas Polres Lebak AKP Fiat Ari Suhada, saat dikonfirmasi, Jumat (25/11).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kecelakaan terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Bus tersebut berisi sekitar 30 penumpang, terdiri dari mahasiswa perempuan, dosen, sopir, dan kernet.

Di lokasi, kondisi bus sudah dalam posisi terbalik. Bus yang terguling berwarna kuning dengan nomor polisi B-7577-IW. Kaca samping, depan, dan belakang terlihat pecah. Hingga saat ini bus yang mengalami kecelakaan itu belum dievakuasi.

Simak juga 'Minibus Seruduk Truk di Tol Cipularang, Satu Tewas-Sopir Selamat':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/azh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT