Bubaran Relawan Jokowi Bikin Macet Sekitar GBK, Panitia Beri Penjelasan

ADVERTISEMENT

Bubaran Relawan Jokowi Bikin Macet Sekitar GBK, Panitia Beri Penjelasan

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 14:52 WIB
Relawan Jokowi yang terhimpun dalam Gerakan Nusantara Bersatu menggelar acara di Stadion GBK memicu kemacetan di sejumlah ruas jalan sekitar GBK mengalami kemacetan. (Anggi M/detikcom)
Relawan Jokowi yang terhimpun dalam Gerakan Nusantara Bersatu menggelar acara di Stadion GBK memicu kemacetan di sejumlah ruas jalan sekitar GBK mengalami kemacetan. (Anggi M/detikcom)
Jakarta -

Kemacetan terjadi di sekitar Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, imbas adanya acara relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Gerakan Nusantara Bersatu. Panitia pelaksana menyebut sudah memprediksi hal tersebut sejak kemarin.

"Kemarin saya sudah umumkan karena konsentrasi massa besar pasti ada imbas kemacetan di sekitar itu. Kemarin waktu press release sudah saya sampaikan," kata Ketua Pelaksana Gerakan Nusantara Bersatu Aminuddin Ma'ruf, Sabtu (26/11/2022).

"Kan kemarin saya sampaikan bahwa akan ada kegiatan kami dan melibatkan peserta yang cukup banyak dan pasti akan ada akibatnya kemacetan di daerah sekitar," imbuhnya.

Aminuddin mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya untuk melakukan rekayasa lalu lintas jika kemacetan terjadi.

"Intinya, kami sudah berkoordinasi dengan jajaran Polda Metro, khususnya Dirlantas, untuk mengatur rekayasa lalu lintas. Karena memang melibatkan kendaraan bus yang sangat banyak," ujarnya.

Dalam konferensi pers Jumat (25/11), Aminuddin juga sudah menyampaikan permintaan maaf terkait kegiatan yang diikuti total 150 ribu relawan tersebut akan berdampak pada kemacetan.

"Mohon maaf kalau besok (hari ini) kegiatannya terganggu karena akan ada konsentrasi massa yang cukup besar yang akan masuk ke wilayah Gelora Bung Karno ini. Kami perkirakan sekitar 150 ribu yang akan memadati GBK. Bahwa kegiatan kita akan berjalan dari jam 6.30 WIB sampai 10.30 WIB," jelasnya.

Sebelumnya, relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terhimpun dalam Gerakan Nusantara Bersatu menggelar acara di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di sekitar GBK mengalami kemacetan.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (26/11) pukul 12.15 WIB, terlihat kemacetan parah terjadi di Jalan Jenderal Sudirman mengarah ke Bundaran Patung Pemuda Membangun. Selain itu, dari arah sebaliknya terjadi kemacetan panjang.

Kendaraan tersebut didominasi oleh bus rombongan Nusantara Bersatu. Sejumlah bus tampak diam menunggu penumpang masuk di sisi jalan.

Bus tersebut terparkir memanjang di tepi kiri jalan. Ada pula yang hingga terparkir masuk ke jalur TransJakarta (TransJ).

Sejumlah petugas kepolisian tampak mengatur arus lalu lintas. Sementara itu, sejumlah relawan Gerakan Nusantara Bersatu tampak memenuhi trotoar di sekitar GBK.

Selain itu, kemacetan panjang terjadi di Jalan Gatot Subroto mengarah ke Slipi. Sementara itu, lalu lintas arah sebaliknya ramai lancar.

Simak Video 'Penampakan Jalan Gatot Subroto Tersendat Usai Relawan Jokowi Bubar':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT