Deretan Bus Jemput Relawan Jokowi Bikin Macet, Warga Diimbau Hindari GBK

ADVERTISEMENT

Deretan Bus Jemput Relawan Jokowi Bikin Macet, Warga Diimbau Hindari GBK

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 14:12 WIB
Relawan Jokowi yang terhimpun dalam Gerakan Nusantara Bersatu menggelar acara di Stadion GBK. Akibatnya sejumlah ruas jalan di sekitar GBK mengalami kemacetan. (Anggi M/detikcom)
Relawan Jokowi yang terhimpun dalam Gerakan Nusantara Bersatu menggelar acara di Stadion GBK. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di sekitar GBK mengalami kemacetan. (Anggi M/detikcom)
Jakarta -

Kemacetan parah terjadi di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, siang ini imbas bubaran acara relawan Joko Widodo (Jokowi) yang terhimpun dalam Gerakan Nusantara Bersatu. Total ada ribuan bus yang saat ini sedang menjemput pulang para relawan.

"Itu kan dari tadi malam sudah berdatangan kegiatan masyarakat di GBK. Jumlah massa sekitar 120-150 ribu dengan bus sekitar 2.800 sekian," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman saat dihubungi, Sabtu (26/11/2022).

Latif mengatakan saat ini ribuan bus itu tengah menjemput para relawan di GBK. Kedatangan yang bersamaan ini membuat lalu lintas di kawasan GBK menjadi padat.

"Kemacetan ini sebenarnya karena ini sekarang lagi pencairan karena lagi jemputin orang-orang ini, jadi bergantian," terang Latif.

Selain itu, Latif menyebut pihaknya pun telah menyiapkan kantong-kantong parkir di sekitar GBK untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas.

"Ini macet karena sudah bergerak mengambil penumpang yang ada di GBK. Parkirnya nggak ada masalah, ini kan acara selesai mereka bergerak gitu berbarengan. Mau mengambil penumpang yang ada di GBK. Kalau parkir itu sudah diatur, dijaga. Tadi pada saat acara nggak ada masalah. Ini macetnya setelah bubarannya," terang Latif.

Hingga pukul 13.58 WIB, kemacetan di GBK masih terjadi. Kemacetan terjadi di dua sisi arah Bundaran HI, Jakarta Pusat, maupun ke arah Blok M, Jakarta Selatan.

Warga Diimbau Hindari Kawasan GBK

Saat ini polisi masih berupaya melakukan penguraian kemacetan di kawasan GBK. Bus-bus yang menjemput para relawan Jokowi mulai berangsur meninggalkan lokasi.

Latif mengatakan tidak ada pengalihan arus yang dilakukan kepolisian. Meski begitu, warga diminta menghindari ruas jalan di kawasan GBK sementara waktu.

"Untuk sementara mungkin bisa dihindari daerah GBK, Semanggi, jalur itu," katanya.

Macet Parah di Kawasan GBK

Relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terhimpun dalam Gerakan Nusantara Bersatu menggelar acara di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di sekitar GBK mengalami kemacetan.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (26/11/2022) pukul 12.15 WIB, terlihat kemacetan parah terjadi di Jalan Jenderal Sudirman mengarah ke Bundaran Patung Pemuda Membangun. Selain itu, dari arah sebaliknya terjadi kemacetan panjang.

Kendaraan tersebut didominasi oleh bus rombongan Nusantara Bersatu. Sejumlah bus tampak diam menunggu penumpang masuk di sisi jalan.

Bus tersebut terparkir memanjang di tepi kiri jalan. Ada pula yang hingga terparkir masuk ke jalur TransJakarta (TransJ).

Sejumlah petugas kepolisian tampak mengatur arus lalu lintas. Sementara itu, sejumlah relawan Gerakan Nusantara Bersatu tampak memenuhi trotoar di sekitar GBK.

Selain itu, kemacetan panjang terjadi di Jalan Gatot Subroto mengarah ke Slipi. Sementara itu, lalu lintas arah sebaliknya ramai lancar.

Simak Video 'Penampakan Jalan Gatot Subroto Tersendat Usai Relawan Jokowi Bubar':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mei)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT