KSAL dan Warga Lebak Banten Tanam Sorgum di Lahan 50 Hektare

ADVERTISEMENT

KSAL dan Warga Lebak Banten Tanam Sorgum di Lahan 50 Hektare

Wildan Noviansah - detikNews
Kamis, 24 Nov 2022 17:45 WIB
KSAL bersama warga tanam sorgum di lahan seluas 50 hektare di Lebak, Banten.
Foto: KSAL bersama warga tanam sorgum di lahan seluas 50 hektare di Lebak, Banten. (dok. istimewa)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bersama warga Lebak, Banten menanam sorgum di lahan seluas 50 hektar. Yudo menuturkan hal ini merupakan bukti dukungan TNI AL terhadap program ketahanan pangan.

"Pemerintah kita sangat memahami hal ini sehingga menetapkan kebijakan untuk memperkuat ketahanan pangan. Salah satu implementasikonkretnya adalah menggalakkan program pengembangan danhilirisasi budidaya sorgum sebagai pengganti gandum," kata Yudo dalam keterangannya, Kamis (24/11/2022).

"Kebijakan ini diambil untuk mengurangi impor gandum nasional dan mendorong produksi bahan pangan domestik," sambung dia.

Dalam kunjungannya ke Lebak, Yudo juga menyambangi Madrasah Ibtidaiyah Al Fatwa, yang direnovasi oleh TNI AL. Yudo menuturkan bantuan renovasi madrasah ini merupakan bentuk kepedulian TNI AL terhadap kualitas sumber daya manusia, khususnya para pelajar.

Yudo meletakan batu pertama dan meninjau renovasi gedung sekolah tersebut, lalu berbincang dengan para pelajar, serta tenaga pengajar di Madrasah Ibtidaiyah Al Fatwa. Dia pun meberikan peralatan sekolah kepada para siswa.

Kegiatan itu adalah rangkaian dari bakti kesehatan yang mengusung tema 'Melalui Kepedulian Terhadap Kesehatan TNI AL Bersama Rakyat Siap Membangun Kejayaan Maritim Indonesia Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'.

Dia menjelaskan isi kegiatan ini di antaranya pengobatan gratis, khitanan massal hingga peduli stunting. Yudo menyebut total ada 48 personel kesehatan gabungan diterjunkan.

Dalam kunjungannya, Yudo juga mendapatkan gelar kehormatan dengan diangkat menjadi Dulur Badui dari warga Badui. Hal tersebut ditandai dengan pemberian piagam, kemben, koja hingga bedog Badui.

Simak Video 'Produksi Sorgum Alternatif Pengganti Beras Naik, Tembus 15 Ribu Ton!':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT