Bus Rombongan Mahasiswa Untirta Terguling di Lebak Banten

ADVERTISEMENT

Bus Rombongan Mahasiswa Untirta Terguling di Lebak Banten

Fathul Rizkoh - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 16:18 WIB
Bus rombongan mahasiswa Untirta kecelakaan di Desa Cisimeut, Lebak, Banten. (Foto: Fathul Rizkoh/detikcom)
Bus rombongan mahasiswa Untirta kecelakaan di Desa Cisimeut, Lebak, Banten. (Fathul Rizkoh/detikcom)
Lebak -

Bus rombongan mahasiswa Untirta mengalami kecelakaan di Kampung Cibunut, Desa Cisimeut Raya, Kecamatan Leuwidamar, Lebak, Banten. Bus diduga gagal nanjak saat menuju perkampungan Baduy.

"Iya benar (kecelakaan) mahasiswa Untirta, mohon waktu ya, anggota sudah di lokasi untuk evakuasi," kata Kasat Lantas Polres Lebak AKP Fiat Ari Suhada, saat dikonfirmasi, Jumat (25/11/2022).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kecelakaan terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Bus tersebut berisi sekitar 30 penumpang, terdiri dari mahasiswa perempuan, dosen, sopir, dan kernet.

Di lokasi, kondisi bus sudah dalam posisi terbalik. Bus yang terguling berwarna kuning dengan nomor polisi B-7577-IW. Kaca samping, depan, dan belakang terlihat pecah. Hingga saat ini bus yang mengalami kecelakaan itu belum dievakuasi.

"Waktu kejadian saya nggak di lokasi tapi saya mendengar bunyi cukup keras awalnya dikira kapal ternyata bus nyusruk. Nggak ada orang di lokasi kan lagi Jumatan, tangange (tengah hari) juga," kata seorang warga bernama Ninda saat ditemui di lokasi.

Ninda kemudian ke luar rumah untuk mencari sumber bunyi keras itu. Dia kaget ketika melihat bus sudah terbalik di samping rumah warga.

"Iya pas dengar itu langsung keluar, ya warga juga banyak yang keluar, pas lihat ada bus nyusruk (kecelakaan)," terangnya.

Ninda menyebut penumpang sempat terjebak di dalam bus. Warga turut membantu mengevakuasi.

"Nggak bisa keluar kan busnya kebalik terus dibantu sama warga, dipecahin kacanya," jelasnya.

Warga lain bernama Yudi juga membantu mengevakuasi penumpang. Dia memecahkan kaca bus untuk mengeluarkan penumpang dari dalam bus.

"Kebetulan habis jumatan pas lihat (bus kecelakaan) langsung nyamperin, saya mecahin kacanya. Takut timbul api. Cuma sopir dan satu orang penumpang yang bisa keluar dari atas (jendela sopir), sisanya nggak bisa keluar. Setelah pecah (kaca belakang) baru bisa keluar," tuturnya.

Rombongan mahasiswa, lanjut Yudi, mengalami luka ringan. Para mahasiswa diberi pertolongan pertama sebelum dibawa ke Puskesmas Cisimeut.

"Di sini dulu, dikasih obat merah, diurut. Sekarang mah udah pada di Puskesmas," ucapnya.

Simak 'Minibus Seruduk Truk di Tol Cipularang, Satu Tewas-Sopir Selamat':

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT