Asrama Ponpes di Ulujami Jaksel Kebakaran, Tak Ada Korban Jiwa

ADVERTISEMENT

Asrama Ponpes di Ulujami Jaksel Kebakaran, Tak Ada Korban Jiwa

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 15:04 WIB
Pemadaman kebakaran di asrama ponpes di Jakarta Selatan
Pemadaman kebakaran di asrama ponpes di Jakarta Selatan. (Foto: dok. Damkar Jaksel)
Jakarta -

Kebakaran terjadi di asrama Pondok Pesantren (Ponpes) Darunnajah Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan (Jaksel). Kebakaran itu terjadi di asrama putra lantai 2.

"Terbakar 1 lokal lantai 2 asrama putra Ponpes Darunnajah Ulujami," ujar Staf Seksi Operasi Damkar Jakarta Selatan Ruwanto dalam keterangannya, Jumat (25/11/2022).

Ruwanto mengatakan tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Dia menyebut kerugian kebakaran mencapai Rp 10 juta.

"Luas area yang terbakar 8 x 8 meter, kerugian kurang lebih Rp 10.600.000. Korban nihil, jumlah penghuni 20 santri, korban jiwa nihil," ujarnya.

Dia menyebut kebakaran itu disebabkan korsleting listrik dari kipas angin. Dia menuturkan api langsung merembet ke kasur dan pakaian di ruangan tersebut.

"Api bermula dari kipas angin yang sedang aktif, meledak dan terlihat ketika beberapa santri yang baru tiba di lokasi selesai melaksanakan salat Jumat berjamaah di masjid. Api langsung membesar menyambar material kasur dan pakaian yang berada di sekitar ruangan," tuturnya.

Dia mengatakan para santri pun mencoba memadamkan api itu sebelum petugas kebakaran tiba di lokasi. Dia mengatakan api telah dipadamkan sekitar pukul 13.15 WIB.

"Para santri langsung mengupayakan pemadaman dengan apar, apab, dan air. Damkar 10-2 langsung melakukan pendinginan dan melakukan pengecekan lokasi agar benar-benar dapat dinyatakan aman," ucapnya.

Dia mengatakan pihaknya masih melakukan pengecekan di setiap ruangan Ponpes Darunnajah tersebut. Hal itu dilakukan untuk memastikan kondisi agar aman.

"TKP sudah padam namun masih ada hawa panas dalam ruangan, diupayakan pendinginan, pengecekan lokasi sisi kanan dan kiri agar situasi benar aman," tuturnya.

Simak juga 'Kala Suasana Usai Kebakaran di Baintelkam Polri':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT