Jaksa Akan Panggil Paksa 2 Polisi untuk Hadiri Sidang Brigjen Hendra dkk

ADVERTISEMENT

Jaksa Akan Panggil Paksa 2 Polisi untuk Hadiri Sidang Brigjen Hendra dkk

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 24 Nov 2022 10:59 WIB
Jakarta -

Jaksa penuntut umum (JPU) dalam perkara perintangan penyidikan (obstruction of justice) terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria berencana akan memanggil paksa dua polisi. Tim pengacara kedua terdakwa juga meminta jaksa memanggil paksa dua saksi.

Dua saksi itu adalah Radite Hernawa dan Agus. Keduanya adalah anggota Divisi Propam Polri.

"Saksi lain kami akan panggil secara paksa, untuk prosedurnya kami akan laksanakan. Karena telah hubungi atasan langsung direktur penyidikan Mabes Polri menyatakan siap seperti itu," kata jaksa dalam sidang di PN Jaksel, Kamis (24/11/2022).

Tim pengacara Hendra Kurniawan dan Agus mengatakan Radite dan Agus ini adalah saksi penting untuk kliennya. Sehingga mereka menilai keduanya harus dipanggil paksa jika tidak hadir.

"Kami apresiasi Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) atas kinerja amankan negara ini, sehingga tidak ada alasan untuk kedua anggota Polri Radite dan Agus, keterangan mereka sangat dibutuhkan untuk selamatkan klien kami. Kami sangat mohon kepada jaksa untuk memanggil secara paksa keduanya," kata salah satu pengacara Agus dan Hendra.

"Kenapa kami sangat perlukan untuk dihadapkan karena seperti Radite, kami sudah baca, saksi ini faktual bukan. Karena dia tak mengetahui apa-apa dan keterangan berasal dari penyidik, akhirnya yang bersangkutan dipandang secara ahli. Karena itu, kami sangat perlu untuk menguji keterangan saksi," lanjut Henry Yosodiningrat.

Hakim pun mempersilakan jaksa memanggil paksa. Keduanya diharuskan hadir pada sidang mendatang Kamis (1/12).

Dalam sidang ini, duduk sebagai terdakwa Brigjen Hendra Kurniawan dan Kombes Agus Nurpatria. Keduanya didakwa merintangi penyidikan kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat.

(zap/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT