TransJ Latih Petugas Layani Disabilitas hingga Tangani Pelecehan di Bus

ADVERTISEMENT

TransJ Latih Petugas Layani Disabilitas hingga Tangani Pelecehan di Bus

Brigitta Belia - detikNews
Rabu, 23 Nov 2022 15:58 WIB
Pelatihan petugas TransJakarta (Brigitta-detikcom)
Pelatihan petugas TransJakarta (Brigitta/detikcom)
Jakarta -

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menggelar latihan bagi petugas layanan operasi (PLO). Para petugas itu dilatih untuk melayani penumpang penyandang disabilitas hingga menangani pelecehan seksual di dalam bus.

Pantauan detikcom di Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Pulomas, Jakarta Timur, Rabu (23/11/2022), pelatihan untuk para petugas telah dimulai pukul 10.00 WIB. TransJakarta menargetkan ada 3.719 orang PLO yang dilatih hingga akhir November nanti.

Dalam pelatihan kali ini, para petugas terlihat berlatih tentang tata cara bersikap dan berkomunikasi dengan penumpang disabilitas. Para petugas itu terlihat dilatih untuk memposisikan tubuh sejajar dengan pelanggan disabilitas.

Petugas diminta untuk memperkenalkan diri dan selalu meminta izin sebelum membantu pelanggan disabilitas. Pelatihan kali ini dilakukan dengan praktik melayani penumpang berkursi roda.

Berikutnya, petugas juga dilatih untuk menangani pelecehan seksual di dalam bus. Para petugas dilatih tentang cara bersikap saat ada penumpang yang melaporkan pelecehan.

Petugas diajari untuk memindahkan penumpang ke tempat lebih aman. Petugas juga diajari untuk menurunkan terduga pelaku pelecehan seksual di halte terdekat.

Setelah itu, petugas diajari untuk menyerahkan terduga pelaku pelecehan ke petugas keamanan di halte. Nantinya, petugas keamanan melanjutkan pemeriksaan awal terhadap terduga pelaku, korban, dan saksi.

Pihak TransJakarta berharap pelatihan ini meningkatkan kualitas layanan.

"Pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas petugas layanan di lapangan," kata Direktur Pengembangan dan Pelayanan TransJakarta Lies Permana Lestari.

(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT