Dinkes DKI: Baru 70 Persen Warga Vaksinasi Booster COVID-19

ADVERTISEMENT

Dinkes DKI: Baru 70 Persen Warga Vaksinasi Booster COVID-19

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 23 Nov 2022 10:26 WIB
Ilustrasi vaksinasi booster di Surabaya
Ilustrasi booster (Foto: dok. Humas Pemkot Surabaya)
Jakarta -

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mencatat baru 70 persen warganya yang melakukan vaksinasi dosis tiga atau booster COVID-19. Dinkes pun mengimbau warga DKI yang belum booster untuk segera melakukan.

"Alhamdulillah vaksinasi atas kerja sama kolaborasi berbagai pihak untuk dosis pertama dan kedua DKI aman dengan cakupan yang sangat baik. Hanya untuk yang booster memang perlu terus ditingkatkan. DKI saat ini masih di sekitar 70 persen," kata Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti kepada wartawan di Monas, Jakarta, Rabu (23/11/2022)

"Sehingga kita berharap kepada warga DKI, lalu media untuk membantunya mengimbau, bagi yang belum booster untuk disegerakan booster di faskes yang tersebar di Jakarta," tambahnya.

Sementara itu, vaksinasi dosis empat atau booster kedua, Widyastuti memastikan saat ini sudah berjalan. Booster kedua kini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) terlebih dahulu.

"Dosis keempat atau booster bagi tenaga kesehatan sudah berjalan dan untuk lansia kita menunggu kebijakan di tingkat kementerian," katanya.

"Kita tunggu saja (kapan untuk umum), semoga secepatnya," tambahnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menerima 49.120 dosis vaksin COVID-19 jenis Zifivax dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Puluhan ribu vaksin COVID-19 itu akan didistribusikan ke 44 puskesmas kecamatan di Jakarta.

"49.120 dosis Zivifax diterima oleh Dinkes DKI Jakarta dari Kemenkes RI pada 21 November 2022," tulis keterangan yang disampaikan melalui Instagram @dinkesdki, Selasa (22/11).

Zifivax merupakan vaksin COVID-19 dengan platform protein subunit rekombinan antigen berasal dari spike glikoprotein yang akan merangsang pembentukan antibodi terhadap COVID-19. Dinkes DKI menjamin jenis vaksin ini aman dan berkualitas.

"Untuk mendapatkan Zifivax, silakan langsung datang ke 44 puskesmas kecamatan DKI Jakarta," jelasnya.

(azh/mae)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT