Puan Yakin Masa Depan HIPMI Cerah: Kualitas Calon Ketumnya Sangat Paten!

ADVERTISEMENT

Puan Yakin Masa Depan HIPMI Cerah: Kualitas Calon Ketumnya Sangat Paten!

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 20:50 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XVII di Solo, Jawa Tengah.
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XVII di Solo, Jawa Tengah. Ia menyebut kepemimpinan HIPMI berikutnya akan berperan dalam mendukung keberlanjutan program-program Pemerintah.

Diketahui, pada hari pertama Munas HIPMI XVII, Puan menjadi pemateri diskusi forum dialog ekonomi dan bisnis I, dengan tajuk 'Indonesia di Tengah Tekanan Resesi dan Perubahan Landskap Politik serta Keamanan Global'. Selain Puan, pemateri lainnya yang hadir yaitu Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Di sela-sela memberikan pemaparan, Puan mengaku mengikuti perkembangan pemilihan Ketum HIPMI yang baru. Bahkan ia menyempatkan diri menonton debat kandidat calon ketua umum HIPMI di TV karena ingin mengetahui gagasan dan ide dari para calon Ketum HIPMI.

"Dan setelah mendengar dan menyimak paparan serta argumen-argumennya, saya makin yakin masa depan HIPMI ini cerah karena kualitas calon-calon ketum-nya sangat paten," kata Puan dalam keterangan tertulis, Senin (21/11/2022).

Puan lalu menyampaikan harapannya untuk pimpinan baru HIPMI yang akan dipilih pada Munas kali ini. Dia menekankan siapa pun Ketum HIPMI yang terpilih nantinya memiliki andil dalam pembangunan Indonesia. Serta ikut berkontribusi dalam keberlanjutan program-program presiden berikutnya.

"Jadi HIPMI ini pasti nanti ketemu saya lagi," ucap Puan.

Pernyataan Puan disambut tawa dan tepuk tangan meriah dari para audiens yang hadir. "Ya bener kan? 2024 saya masih Ketua DPR. Kecuali Februari 2024 beda lagi, ya ketemunya tetep saya lagi," lanjutnya.

Dikatakan Puan, DPR juga menunggu sinergi dengan HIPMI usai Munas XVII selesai digelar. "Setelah Munas selesai, saya tunggu HIPMI untuk sinergi dengan DPR. Untuk mengajukan ke DPR apa gagasan HIPMI untuk memajukan ekonomi Indonesia," terang Puan.

"Apa yang DPR bisa lakukan untuk mendukung pengusaha-pengusaha muda Indonesia dari fungsi legislasi, fungsi pengawasan, dan fungsi anggaran yang menjadi tugas konstitusional DPR," sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, mantan Menko PMK itu turut menyinggung pelaksanaan 'Business 20 (B20) Summit 2022' yang merupakan rangkaian dari KTT G20 beberapa waktu lalu. Ia mengaku melihat banyak kader HIPMI yang ikut hadir dalam forum komunitas bisnis global bergengsi tersebut.

"Kader-kader HIPMI saya lihat bisa berdiri sejajar dengan pengusaha-pengusaha dari negara ekonomi maju lainnya. Di situ saya sebagai Ketua DPR RI ikut merasa bangga karena saya melihat bahwa pengusaha muda Indonesia turut dihormati oleh pemain-pemain tingkat dunia," tutur Puan.

Cucu Proklamator RI Bung Karno ini menyebut kader-kader HIPMI merupakan pemain penting dalam menjaga dan membangkitkan ekonomi Indonesia di masa sekarang. Bahkan menjadi wajah masa depan ekonomi Indonesia.

"Sejak pagi tadi sampai sekarang ini saya melihat, saya ngobrol dengan senior-senior HIPMI, dengan kader-kader HIPMI, dan saya kok jadi semakin yakin bahwa ekonomi Indonesia ini akan makin cepat majunya," ujarnya.

"Kalian semua yang akan menjadi pemimpin-pemimpin menggantikan kami di masa depan," imbuh Puan.

Puan pun sempat memuji pelaksanaan Munas HIPMI yang berhasil mengumpulkan tokoh-tokoh nasional dalam satu waktu.

"Hebatnya HIPMI bisa ngumpulin Presiden, Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, dan tokoh-tokoh lainnya. Saya juga senang datang ke sini, rasanya seperti pulang kampung karena Solo adalah Dapil saya," ungkap Puan.

Sebagai informasi, Pembukaan Munas HIPMI XVII turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Hadir pula sejumlah tokoh nasional lainnya, antara lain Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Wali Kota Medan yang juga kader HIPMI Bobby Nasution.

(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT