Ganjar Sambut Puan di Jateng Dinilai Hilangkan Banteng vs Celeng

ADVERTISEMENT

Ganjar Sambut Puan di Jateng Dinilai Hilangkan Banteng vs Celeng

Eva Safitri - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 15:21 WIB
Dosen FISIP UIN Jakarta, Adi Prayitno.
Adi Prayitno (Foto: Dok. Pribadi)
Jakarta -

Momen Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut Ketua DPR Puan Maharani di Solo dinilai sebagai peristiwa langka. Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai momen itu menunjukkan sudah tidak ada lagi isu miring di antara Ganjar dan Puan.

"Keduanya akur. Ini menunjukkan bahwa Puan dengan Ganjar sudah islah secara politik. Tak lagi saling dihadap-hadapkan," kata Adi kepada wartawan, Senin (21/11/2022).

Adi menilai momen keakraban keduanya itu menghilangkan banteng vs celeng yang sempat ramai di tengah isu rivalitas Ganjar dan Puan. Dia menilai kondisi internal PDIP pun terlihat kian kondusif.

"Minimal fakta ini tak lagi memunculkan friksi Banteng versus celeng. Secara internal baik badi PDIP untuk terus mengonsolidasi dan mengkondusifkan suasana internal mereka. Sambutan Ganjar terhadap Puan sementara ini setidaknya bisa menepis keduanya tengah berjarak," ujarnya.

Ganjar dinilai juga menunjukkan sikap tegak lurus dengan Megawati. Meski demikian, Adi menilai perlu dilihat sejauh mana hubungan keakraban keduanya berlanjut.

"Potret ini menjadi penegas Ganjar tegak lurus ke partai. Apapun judulnya Puan adalah replika politik Megawati dan PDIP saat ini. Figur penting di internal Partai Banteng. Tinggal ditunggu apakah islah politik ini langgeng atau tidak," ujarnya.

Adi menilai saat ini publik tinggal melihat seperti apa keputusan PDIP soal capres. Menurutnya, keputusan capres dari PDIP akan membawa pengaruh terhadap peta politik parpol lain di 2024.

"Ke depan, publik tinggal menunggu kira-kira siapa yang akan diumumkan sebagai kandidat capres definitif PDIP. Satu-satunya momen politik yang paling banyak ditunggu. Karena capres PDIP akan mengubah konstalasi dan peta politik koalisional secara menyeluruh. Apalagi yang ditunggu PDIP jika suasana internal sudah solid," ucapnya.

Momen Ganjar Sambut Puan

Ganjar menyambut Puan di Bandara Adi Soemarmo. Kedatangan Puan untuk menghadiri acara Musyawarah Nasional ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Solo.

Puan ternyata disambut langsung Ganjar Pranowo setiba di Jawa Tengah. Momen menyambut Puan diunggah Ganjar Pranowo di akun Instagram resminya, Senin (21/11/2022).

Dalam foto yang diunggah Ganjar, Puan berada di dalam mobil mengenakan masker putih duduk di baris kedua kursi. Sementara itu, Ganjar Pranowo yang mengenakan batik berdiri langsung di depan pintu mobil Puan Maharani.

"Selamat datang di Jawa Tengah Mbak @puanmaharaniri," kata Ganjar Pranowo.

(eva/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT