ADVERTISEMENT

Sandiaga Sebut Joe Biden-PM Australia Puji RI karena KTT G20

Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 13:12 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno ketika ditemui di BNDCC Nusa Dua, Bali pada Minggu (13/11/2022). Foto: Ni Made Lastri Karsiani Putri
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno (Ni Made Lastri Karsiani Putri/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut Indonesia jadi sorotan dunia karena Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Sandiaga menuturkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese juga memuji Indonesia.

"Saya ingin membagi sebuah berita yang sangat membanggakan. Bahwa Indonesia sekarang menjadi spotlight. Indonesia menjadi perhatian dari seluruh negara-negara besar di dunia karena keberhasilan kita menjadi tuan rumah KTT G20 di Bali pekan lalu," kata Sandiaga di acara Roving Seminar Kekayaan Intelektual yang digelar di Birawa Assembly Hall, Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (21/11/2022).

Bukan hanya karena keindahan alam Bali, Sandi menjelaskan keramahtamahan warga Indonesia juga membuat para delegasi negara lain merasa nyaman. "Dan ini bukan hanya atas keindahan alam Indonesia, terutama Bali, tapi juga keramahtamahan," sambung dia.

Sandiaga mengungkapkan Joe Biden dan Anthony memuji Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20. Keduanya juga mengapresiasi lahirnya Deklarasi Bali.

"Saat Presiden Biden dan Perdana Menteri Australia meninggalkan Bali, mereka juga menyampaikan apresiasi atas leadership kepemimpinan kita dan juga keramahtamahan dalam kemampuan kita mengorkestrasi lahirnya Bali Deklarasi terhadap G20," jelasnya.

Sandiaga menambahkan, hal tersebut menandakan, selain kekayaan alam dan kebudayaan, Indonesia di bawah kepemimpinan presiden Joko Widodo berhasil dalam aspek lainnya.

"Ini adalah bukti bahwa selain kekayaan alam dan budaya, kita kita juga memiliki kepemimpinan di bawah Bapak Presiden Jokowi. Tepuk tangan untuk kita semua," tuturnya.

Sandiaga juga menyebut peran kekayaan intelektual Indonesia pada perhelatan G20 sudah ditonjolkan. Salah satunya, ketika para pimpinan dari berbagai negara bergaya layaknya model dengan mengenakan batik endek Bali.

"Saat mereka masuk kalau dulu terkenal dengan Citayam Fashion Week, kemarin ada KTT G20 Fashion Week, semuanya menggunakan kain endek hasil dari Pak Wayan dan Ibu. Bagaimana pemimpin dunia Justin Trudeau dengan gantengnya menggunakan kain endek warna merah, juga Perdana Menteri Inggris. Ini menunjukkan bahwa bukan hanya kita memiliki produk ekonomi kreatif yang membanggakan, tetapi juga berkelas dunia," pungkasnya.

(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT