Politikus PAN Apresiasi Polri Amankan G20 hingga Macron Nyaman Jalan-jalan

ADVERTISEMENT

Politikus PAN Apresiasi Polri Amankan G20 hingga Macron Nyaman Jalan-jalan

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 08:39 WIB
Mulfachri Harahap.
Anggota DPR RI Fraksi PAN Mulfachri Harahap (Azizah/detikcom)
Jakarta -

Anggota DPR RI Fraksi PAN Mulfachri Harahap mengapresiasi kerja Polri dalam mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Dia menyebut bukti keberhasilan pengamanan KTT G20 terlihat dari sejumlah kepala negara yang merasa nyaman di Bali.

"Pengamanannya patut diapresiasi. Kan kita bisa lihat sejumlah kepala negara merasa comfortable mengikuti semua agenda pertemuan G20. Kemudian beberapa di antaranya melakukan aktivitas di ruang publik tanpa ragu, tanpa khawatir ada sesuatu yang bisa mengancam atau mengganggu mereka," kata Mulfachri kepada wartawan, Sabtu (19/11/2022).

"Itu semua membuktikan secara umum kondisi di Bali sangat baik, kondusif. Itu gambaran umum untuk semua wilayah di Indonesia," tambah Mulfachri.

Dia menuturkan apresiasi diberikan kepada Polri karena kepolisian berada di baris terdepan dalam menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat. "Kalau kita bicara kamtibmas, tentu Polri ada di barisan paling depan," ucap dia.

Dia lalu menuturkan keberhasilan Polri dalam mengamankan KTT G20 juga didukung stakeholder lainnya, seperti TNI dan Imigrasi.

"Tentu sukses ini tidak bisa dikatakan sebagai kerja sendiri kepolisian. Ini kan dukungan banyak pihak, ada otoritas Imigrasi, TNI kita yang memberikan backing terhadap kegiatan pengamanan di semua tempat. Jadi ini kerja sama-sama. Tetapi kalau kita bicara kamtibmas, tentu itu tupoksinya kepolisian, polisi di barisan paling depan," ungkap Mulfachri.

Dia lalu menyinggung soal Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menikmati jalan santai di Bali. Hal itu, sekali lagi menurut Mulfachri, menunjukkan para tamu negara merasa yakin dengan kondisi keamanan di Bali.

"Kayak Macron bisa jalan di tempat umum, itu kan luar biasa. Bukti mereka merasa yakin dengan keadaan di Bali, di tempat pelaksanaan G20 dan mereka yakin bahwa semua dalam kendali dan pengawasan pihak keamanan," pungkas Mulfachri.

(aud/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT