ADVERTISEMENT

Berkat Sahabat Baik, Sumber Air Makin Dekat dengan SDN 02 Leomanu, NTT

Tim berbuatbaik.id - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 12:09 WIB
Berkat donasi Sahabat Baik, air melimpah sudah sampai di SDN 02 Leomanu, NTT. Hal ini menjadi kebahagiaan baru dan membuat anak-anak mempunyai pola hidup sehat.
Azhar bersama guru dan anak-anak SDN 02 Leomanu, NTT (Foto: berbuatbaik.id)
Jakarta -

Berkat terus mengalir selepas donasi Sahabat Baik sampai di SDN 02 Leomanu, NTT. Kini sekolah yang berada di pedalaman NTT itu semakin nyaman dengan air yang melimpah. Sebabnya, donasi dimanfaatkan untuk membeli berbagai sarana penunjang agar anak-anak mendapatkan akses air lebih dekat.

M. Diyaul Azhar yang jadi relawan guru muda CT Arsa Foundation di sana mengatakan dulu awalnya anak-anak ke sekolah harus bawa jeriken dari rumah. Tiap anak membawa 5 liter air untuk memenuhi kebutuhan air di sekolah, toilet, menyiram tanaman dan lain-lain.

"Biasanya di musim kering begini bunga dan tanaman mati karena tidak disiram secara maksimal. Dulu juga anak-anak hampir tiap hari minum air mentah dari jeriken yang mereka bawa, tiap hari udah aku sosialisasikan bahaya air mentah dan udah aku suruh bawa air matang dari rumah tapi mereka masih sulit," sebut Azhar.

Melihat keadaan seperti itu, Azhar pun berinisiatif membeli selang, alat pemurni air hingga semen untuk mendekatkan sumber mata air ke sekolah dan juga membuat anak-anak bisa minum air yang lebih aman. '

"Donasi berbuat baik banyak mengubah keadaan dan kebiasaan anak anak. Buat beli selang-selang untuk melengkapi instalasi pengadaan air di sekolah yang menyambungkan sumber air ke sekolah, sekarang anak-anak sudah bisa mendapatkan akses air di sekolah jadi gampang. Air toilet penuh terus, setiap hari siram tanaman dan bunga tak ada kendala, tanaman tetap tumbuh subur. Lalu kebiasaan minum air mentah jadi berkurang," lanjut dia lagi.

Berkat donasi Sahabat Baik, air melimpah sudah sampai di SDN 02 Leomanu, NTT. Hal ini menjadi kebahagiaan baru dan membuat anak-anak mempunyai pola hidup sehat.Berkat donasi Sahabat Baik, air melimpah sudah sampai di SDN 02 Leomanu, NTT. Hal ini menjadi kebahagiaan baru dan membuat anak-anak mempunyai pola hidup sehat. (Foto: berbuatbaik.id)

Azhar pun bersyukur dengan hal-hal baik tersebut, anak-anak mempunyai pola hidup sehat. Bahkan saat pertama air disalurkan melalui selang, mereka bahagia sekali hingga main basah-basahan dan rebutan air yang mengalir dari selang.

"Momen momen begitu jarang mereka dapatkan, mereka di rumah kan mau mandi aja harus nimba air jalan agak jauh. Mereka sekarang dikit dikit minum, dikit dikit minum. Awalmya mereka banyak yang kehausan, mana panas banget di sini. Iyaa sekarang mereka rajin minum. Intinya sumber air su dekat," ucap Azhar senang.

Sahabat Baik, kegembiraan anak-anak Leomanu tentu menjadi kebahagiaan bagi kita semua. Sebagai informasi, donasi yang telah tersalurkan ke SDN 02 Leomanu, NTT melalui Azhar mencapai Rp 3.410.000 yang dipergunakan untuk membeli selang, semen, pemurni air.

Kebahagiaan ini bisa meluas jika semakin banyak anak-anak mendapatkan manfaat dari Donasi berbuatbaik.id. Jadi tetap salurkan Donasimu hanya melalui berbuatbaik.id

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT