2 Hakim Agung Tersangka Korupsi, Legislator Minta MA Dijaga dan Diperbaiki

ADVERTISEMENT

2 Hakim Agung Tersangka Korupsi, Legislator Minta MA Dijaga dan Diperbaiki

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 06:46 WIB
Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB, Jazilul Fawaid (Anggi Muliawati/detikcom)
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Dua hakim agung, Sudrajad Dimyati dan Gazalba Saleh, ditetapkan KPK sebagai tersangka. Anggota Komisi III DPR Fraksi PKB Jazilul Fawaid meminta Mahkamah Agung (MA) dijaga dan diperbaiki.

"MA harus kita jaga dan perbaiki bersama-sama sebagai benteng terakhir bagi pencari keadilan dan reformasi hukum," kata Jazilul kepada wartawan, Minggu (20/11/2022).

Menurut Jazilul, MA sudah banyak melakukan pembenahan dan perbaikan. Meski demikian, Jazilul mengaku perbaikan yang dilakukan MA belum sempurna.

"Hemat saya, sudah banyak langkah pembenahan dan perbaikan yang dilakukan MA, seperti e-Court dan pelayanan lainnya, meskipun tentunya belum sempurna," ujarnya.

Jazilul yakin masih banyak hakim di MA yang berintegritas. Dia merasa prihatin dua hakim agung MA ditetapkan sebagai tersangka.

"Saya pribadi yakin masih banyak hakim-hakim MA yang baik dan berintegritas. Maka lanjutkan saja semua kebijakan pembenahan yang telah dicanangkan oleh MA dengan tetap melakukan evaluasi dan peningkatan disiplin," ucapnya.

"Meskipun saya ikut prihatin atas kasus dua hakim agung itu, saya tetap menaruh harapan besar bagi perbaikan institusi MA ke depannya. Saya pun tidak setuju bila MA disebut sarang korupsi," imbuhnya.


Hakim Agung Gazalba Saleh Tersangka KPK

Terbaru, hakim agung Gazalba Saleh ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi setelah KPK melakukan pengembangan kasus yang menjerat hakim Sudrajad Dimyati. Lantas perkara apa yang menjerat Gazalba Saleh?

Sejatinya KPK memang tengah melakukan pengembangan di kasus suap penanganan perkara di lingkungan Mahkamah Agung (MA). Pihak KPK mengatakan perkara itu telah masuk tahap penyidikan.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut perkara yang menjerat Gazalba Saleh itu berbeda dengan perkara Sudrajad Dimyati. Dia mengatakan kasus ini merupakan penyidikan baru.

"Bukan, namun penyidikan baru," saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (14/11/2022).

Ali menjelaskan penyidik menemukan adanya kesamaan modus dalam perkara yang menjerat kedua hakim agung tersebut. Akan tetapi objek perkara suapnya berbeda.

"Modus diduga sama, namun dengan objek pengurusan perkara yang berbeda," jelas Ali.

(dek/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT