Menurut Anda, Cuitan Kharisma Jati Menghina Kim Keon Hee atau Iriana?

ADVERTISEMENT

Menurut Anda, Cuitan Kharisma Jati Menghina Kim Keon Hee atau Iriana?

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 19 Nov 2022 21:35 WIB
Ibu negara Indonesia, Iriana Joko Widodo bersama Ibu negara Korea Selatan, Kim Keon Hee.
Kim Keon Hee dan Iriana (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Cuitan komikus bernama Kharisma Jati kini diusut polisi karena diduga ada unsur pidana di dalamnya. Menurut Anda, cuitan tersebut menghina Ibu Negara Korsel atau Ibu Negara RI?

Pertanyaan tersebut muncul lantaran sebagian warganet menyoroti ketiadaan penulisan nama yang spesifik dalam cuitan Kharisma Jati via akun Twitter @KoprofilJati tanggal 17 November 2022.

Kharisma Jati memasang foto Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee (kiri) dan Ibu Negara Republik Indonesia Iriana Jokowi (kanan). Penyebutan Kim Keon Hee terlebih dahulu ketimbang Iriana di sini semata-mata karena mengikuti cara baca layaknya tulisan alfabet dari kiri ke kanan.

Kharisma Jati memasang foto dua Ibu Negara itu dengan kalimat demikian:

"Bi, tolong buatkan tamu kita minum."
"Baik, Nyonya."

Kharisma Jati tidak menulis nama Kim Keon Hee ataupun Iriana dalam tulisannya. Cuitan tersebut sudah dihapusnya, akun Twitter @KoprofilJati juga sudah raib. Namun, gambar tangkapan layar cuitan tersebut sudah kadung beredar.

Gibran Rakabuming, putra dari Jokowi dan Iriana, menanggapi cuitan yang memuat foto ibundanya itu. Kaesang Pangarep selaku adik Gibran juga mencuit via Twitter. Kharisma Jati lewat Facebook-nya meminta maaf pada 17 November. Kharisma Jati sadar unggahannya menyinggung perasaan keluarga Jokowi dan lingkungan Kepresidenan RI.

Kini, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri tengah mengusut cuitan Jati. Dugaan polisi, cuitan itu mengandung unsur pidana.

"Setiap kejadian yang diduga ada unsur tindak pidana, pasti kepolisian akan melakukan penyelidikan," kata Brigjen Adi Vivid saat dihubungi via pesan singkat, Sabtu (19/11/2022).

Iriana bersama Kim Keon HeeIriana bersama Kim Keon Hee Foto: Iriana bersama Kim Keon Hee (dok. screenshot)

Pembaca yang budiman, bila Anda melihat langsung cuitan Kharisma Jati untuk pertama kalinya (tanpa mengecek komentar netizen lain atau mengecek informasi lainnya di luar cuitan satu itu), menurut Anda unggahan tersebut menghina Ibu Negara Korsel Kim Keon Hee atau Ibu Negara RI Iriana? Sertakan pula alasan Anda.

Saksikan juga Sosok minggu ini: Icha, Kisah Hidup Mandiri Perempuan Cerebral Palsy

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT