ADVERTISEMENT

Cuitan soal Iriana-Kim Keon Hee Diproses Polisi, Begini Ringkasan Isunya

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 19 Nov 2022 17:32 WIB
Ibu negara Indonesia, Iriana Joko Widodo bersama Ibu negara Korea Selatan, Kim Keon Hee.
Iriana Joko Widodo bersama Kim Keon Hee (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Ibu negara Indonesia Iriana Joko Widodo tengah menjadi perbincangan. Kata 'Iriana' trending di Twitter. Lalu, apa yang membuat cuitan tersebut viral di media sosial? Simak penjelasannya berikut ini.

Hal itu bermula dari cuitan akun seseorang yang memasang foto Iriana bersama Kim Keon Hee, Ibu Negara Korea Selatan.

17 November 2022: Awal Mula Cuitan

Pemilik akun Twitter @KoprofilJati memposting foto Iriana yang bersampingan dengan Kim Keon Hee. Akun tersebut juga menuliskan caption untuk foto tersebut.

"Bi, tolong buatkan tamu kita minum."
"Baik, Nyonya."

Setelah mengunggah cuitan tersebut, pemilik akun langsung diserang netizen. Alasannya, postingan itu dianggap telah menghina Iriana.

"Kasih keras sekali-kali. Ini sudah kelewatan, kalau presiden yang direndah-rendahkan mungkin dia bisa ngeles dengan bilang mengkritik dan semacamnya, tapi ini istri presiden yang ga tahu apa-apa," jelas akun udtr**.

"Ada masalah apa ya Anda kok kelewatan banget sih," kata akun ordny**.

"Kenapa ya kok aneh banget sih orang sekarang," ungkap akun lainnya.

Ibu negara Indonesia, Iriana Joko Widodo, menjadi perbincangan. Kata 'Iriana' trending di Twiter. Lalu, apa yang membuat cuitan tersebut viral di media sosial?Ibu negara Indonesia Iriana Joko Widodo menjadi perbincangan. Kata 'Iriana' trending di Twtiter. Lalu, apa yang membuat cuitan tersebut viral di media sosial? (Foto: Tangkapan layar Twitter)

17 November 2022: Pemilik Akun Hapus Cuitan

Pemilik akun @KoprofilJati menghapus cuitan soal foto Iriana dengan Kim Keon Hee. Cuitan itu dihapus karena mendapat banyak tanggapan negatif dari netizen.

Ia juga menuliskan beberapa hal setelah menghapus cuitannya itu.

"Sorry, gaes. Postingan dgn gmbr ibu negara sy hapus. Kyny banyak yg salah paham menganggap sy merendahkan org di gmbr tsb," ungkap akun tersebut.

"Menjadi ibu negara ga ada hubungannya dgn tampilan fisik. Semua orang tahu itu fakta. Semua ras dan suku bangsa itu setara," lanjutnya lagi.

"Justru kebiasaan masyarakat kita yg suka menilai sesuatu dari tampilan fisik. Itu yg sepatutnya jadi bahan ejekan," imbuhnya.

17 November 2022: Respons Gibran dan Kaesang

Gibran Rakabuming, putra dari Jokowi dan Iriana, memberikan tanggapan terkait cuitan tersebut. Ia menanyakan maksud pemilik akun memposting hal itu.

"Salah paham?" tulis Gibran pada cuitan akun @KoprofilJati usai menghapus foto Iriana-Kim Keon Hee.

Tak hanya itu, Kaesang Pangarep selaku adik dari Gibran juga menanggapi cuitan tersebut.

"Lha terus maksudmu gimana?" tulis Kaesang.

"Habis di-WA sama ibuk disuruh sabar. Yowes aku sabar," tambah Kaesang lagi.

17 November 2022: Kharisma Jati Minta Maaf

Akun @KorprofilJati adalah milik Kharisma Jati, yang mencuit foto Iriana dan Kim Keon Hee. Tanggal 17 November, dia meminta maaf bukan lewat akun Twitter-nya yang raib itu, tapi lewat akun Facebook-nya.

Berikut permintaan maaf dia:

Surat Terbuka Permintaan Maaf

Kepada Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berserta seluruh Keluarga Besar Kepresidenan.

Dengan ini saya, Kharisma Jati, meminta maaf kepada Keluarga Besar Presiden RI atas unggahan saya di media sosial yang menyinggung perasaan anggota keluarga Bapak Presiden Joko Widodo, termasuk kerabat; staf; dan pejabat di lingkungan kepresidenan. Permintaan maaf ini saya nyatakan dengan tulus dari lubuk hati yang paling dalam, tanpa unsur keterpaksaan maupun kepura-puraan.

Dan jika dari pihak terkait bermaksud mengadakan tuntutan hukum, maka saya akan menerima dengan lapang dada atas segala hukuman yang adil dan setimpal.

Namun tidak ada sedikit pun permintaan maaf saya terhadap para pendukung fanatik rezim ini, yang merasa bisa berbuat sesukanya sendiri tanpa mengindahkan moral dan etika, karena saya bukan penjilat; pembeo; maupun perundung, dan tidak sedikitpun saya membenarkan perbuatan semacam itu. Framing, fitnah, dan ujaran kebencian yang mereka buat hanya mencerminkan arogansi dan kemunafikan mereka.
Demikian surat terbuka ini dibuat dengan penuh kesadaran tanpa paksaan dari pihak manapun.

18 November 2022: Bareskrim Beraksi

Bareskrim Polri beraksi menangani peristiwa di media sosial tersebut. Bareskrim mendeteksi ada unsur pidana dalam cuitan itu.

"Kita sudah temukan unsur dugaan pidananya," kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid saat dimintai konfirmasi, Jumat (18/11).

19 November 2022: Polda DIY Belum Terima Laporan

Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut hingga saat ini belum ada laporan polisi yang masuk.

"Setahu saya, sampai saat ini belum ada laporan (resmi ke polisi) terkait peristiwa tersebut," kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto kepada detikJateng, Sabtu (19/11/2022).

Pengunggah foto Iriana Jokowi dan Ibu Negara Korsel itu diketahui merupakan warga Bantul. Polisi menyebut belum memeriksa yang bersangkutan.

"Kalau belum ada LP, siapa yang mau dimintai keterangan," terang Yuliyanto.

Lihat video 'Iriana Diolok Netizen, Gibran-Kaesang Pasang Badan':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT