Pengusutan Kasus Foto Iriana Berdasar Laporan atau Tidak? Ini Kata Polisi

ADVERTISEMENT

Pengusutan Kasus Foto Iriana Berdasar Laporan atau Tidak? Ini Kata Polisi

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 19 Nov 2022 18:39 WIB
Ibu negara Indonesia, Iriana Joko Widodo bersama Ibu negara Korea Selatan, Kim Keon Hee.
Foto Kim Keon Hee dan Iriana Jokowi (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri mengusut kasus foto Ibu Negara RI Iriana Joko Widodo dan Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee berawal dari patroli siber di media sosial. Apakah penyelidikan kasus itu berdasarkan laporan aduan atau tanpa aduan?

detikcom bertanya kepada Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar. Dia tidak menyatakan adanya laporan aduan yang mendahului pengusutan isu viral dari cuitan komikus Kharisma Jati itu.

"Setiap kejadian yang diduga ada unsur tindak pidana, pasti kepolisian akan melakukan penyelidikan," kata Brigjen Adi Vivid saat dihubungi via pesan singkat, Sabtu (19/11/2022).

Yang jelas, Bareskrim sudah punya dugaan ada unsur pidana dari unggahan itu. Pada 17 November 2022, pemilik akun Twitter @KoprofilJati memposting foto Iriana yang bersampingan dengan Kim Keon Hee. Akun tersebut juga menuliskan caption untuk foto tersebut.

"Bi, tolong buatkan tamu kita minum."
"Baik, Nyonya."

Iriana bersama Kim Keon HeeIriana bersama Kim Keon Hee (dok. screenshot)

Setelah mengunggah cuitan tersebut, pemilik akun langsung diserang netizen. Alasannya, postingan itu dianggap telah menghina Iriana.

Kedua putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, turun tangan buntut foto ibunya, Iriana Jokowi, bersama ibu negara Korea Selatan, Kim Keon Hee, dijadikan bahan olokan oleh seseorang di media sosial. Mereka berdua merespons postingan tersebut.

Simak video 'Diminta Ambil Tindakan Usai Iriana Dihina, Ini Jawaban Gibran-Kaesang':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT