Pengacara Yakin Roy Suryo Tak Salah di Kasus Meme Stupa: Kami Akan Buktikan

ADVERTISEMENT

Pengacara Yakin Roy Suryo Tak Salah di Kasus Meme Stupa: Kami Akan Buktikan

Brigitta Belia - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 20:34 WIB
Penasehat hukum Roy Suryo, Aprillia Supaliyanto, saat wawancara dengan wartawan di PN Jakarta Barat
Penasihat hukum Roy Suryo, Aprillia Supaliyanto (Brigitta Belia/detikcom)
Jakarta -

Penasihat hukum Roy Suryo yakin kliennya tidak bersalah dalam kasus meme stupa Borobudur. Mereka mengatakan akan membuktikan kebenaran dalam kasus tersebut.

"Padahal Saudara tahu itu, Roy Suryo mengunggah itu karena ada maksud baik. Tidak bisa dipisahkan dari caption yang dia tulis. Tapi ini kenapa jadi tendensius sekali. Akan kami buktikan dakwaan jaksa ini," ujar penasihat hukum Roy Suryo, Aprillia Supaliyanto, kepada wartawan di PN Jakarta Barat, Kamis (17/11/2022).

Aprillia mengatakan pelapor tidak bisa memberikan bukti yang jelas. Ia pun ingin mencari tahu motif dari perkara tersebut.

"Pasal 156A membuat gaduh dan menimbulkan kebencian di ruang publik ya. Nggak akan bisa dibuktikan itu. Kami bisa buktikan sebaliknya, karena apa? Etiketnya Roy Suryo baik. Makanya itu semua tidak bisa dilepaskan dari apa sesungguhnya yang jadi motif perkara ini. Maka penting bagi kami untuk mencari tahu, pikiran dari Saudara-saudara kami umat Buddha yang sekarang ini melaporkan," tuturnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Roy Suryo sama sekali tidak melanggar hukum. Justru, kata dia, Roy Suryo hanya mengkritisi isi gambar dan kenaikan harga tiket Candi Borobudur pada saat itu.

"Dia mengkritisi loh itu. Pak Roy juga mengkritisi tentang kenaikan harga tiket Borobudur. Ini Pak Roy punya maksud baik, sehingga caption itu nggak bisa hanya dipotong pada kata-kata berulang saja. Dan semua saksi bilang selalu ada kata-kata lucu dan ambyar. Ya nggak bisa begitu. Coba dibaca dari awal, itu maknanya akan sangat berbeda," ungkapnya.

"Makanya saya katakan, Anda-anda sebagai saksi ini adalah diajukan oleh jaksa sebagai alat bukti. Kami PH dan Pak Roy berhak secara hukum membantah itu dan membuktikan sebaliknya. Sampai hari ini kita bisa buktikan itu," tambahnya.

Sebelumnya, dalam kasus ini, Roy Suryo didakwa terkait kasus ujaran kebencian terhadap suku, agama, ras, dan golongan (SARA), ujaran permusuhan atau penodaan agama, hingga kasus penyebaran kabar tidak pasti atau berlebihan yang menyebabkan keonaran terkait meme stupa Borobudur. Diketahui meme stupa Borobudur itu menjadi viral usai di-retweet oleh Roy Suryo.

"Bahwa Terdakwa Roy Suryo pada tanggal 10 Juni 2022, atau pada tanggal 11 Juni 2022... dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)," kata tim jaksa penuntut umum Tri Anggoro Mukti di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Jakarta Barat, Rabu (12/10).

Simak selengkapnya pada halaman berikut.

Saksikan juga 'Roy Suryo Didakwa Lakukan Ujaran Kebencian hingga Penistaan Agama':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT