Viral Video Sebut Aset Tito Karnavian Disita, KPK Pastikan Hoax!

ADVERTISEMENT

Viral Video Sebut Aset Tito Karnavian Disita, KPK Pastikan Hoax!

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 16:26 WIB
Gedung baru KPK
Ilustrasi KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Sebuah video viral di media sosial dengan narasi KPK menyita uang tunai sebesar Rp 52 miliar dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. KPK memastikan video itu hoaks.

Video itu beredar di YouTube dengan judul 'Pagi Ini~Kekayaan Tito Mendagri Disita‼️KPK Gerak Cepat Lakukan Ini Biar Jera'. KPK mengatakan video itu berisi kutipan-kutipan tidak utuh.

"Video hoaks tersebut menampilkan pernyataan mantan Anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar yang dikutip secara tidak utuh dan potongan-potongan gambar aktivitas lainnya yang berlatar di depan Gedung KPK. Sehingga video dimaksud mengarahkan pada informasi yang tidak benar," bunyi keterangan KPK, seperti dilihat di website-nya, Kamis (17/11/2022).

KPK tegas meminta pihak-pihak yang menyebarkan informasi hoaks dengan mengatasnamakan KPK ini segera menghentikan aksinya dan menghapus unggahannya pada media sosial YouTube https://www.youtube.com/watch?v=Dc3SQvWtC6s. KPK meminta masyarakat berhati-hati dalam menyebarkan hoaks.

"KPK mengajak masyarakat untuk selalu waspada dan jeli dalam memilah setiap informasi yang diterima, agar tidak terprovokasi oleh informasi hoaks yang mempunyai tujuan-tujuan kontraproduktif tersebut," ucapnya.

KPK mengatakan masyarakat dapat mengakses informasi resmi mengenai perkembangan penanganan perkara ataupun kegiatan pencegahan dan sosialisasi kampanye pendidikan antikorupsi yang dilakukan KPK melalui website kpk.go.id ataupun akun resmi media-media sosial KPK.

Masyarakat juga dapat melakukan konfirmasi kebenaran informasi tentang KPK melalui contact centre 198.

(zap/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT