Sengketa Lahan Lawan Japto Bikin Paman Wanda Hamidah Tersangka

ADVERTISEMENT

Sengketa Lahan Lawan Japto Bikin Paman Wanda Hamidah Tersangka

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 16 Nov 2022 09:44 WIB
Hangatnya Momen Kulineran Wanda Hamidah Bersama Sahabat
Wanda Hamidah (Foto: Instagram/wanda_hamidah)
Jakarta -

Sengketa kepemilikan lahan yang kini menjadi rumah keluarga besar Wanda Hamidah di Jl Citanduy No 2 Menteng, Jakarta Pusat, belum menemukan titik temu. Sengketa lahan melawan Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (MPN-PP) Japto Soerjosoemarno ini membuat Hamid Husein, paman Wanda Hamidah, menjadi tersangka.

Paman Wanda Hamidah ditetapkan sebagai tersangka penyerobotan lahan atas laporan yang dibuat oleh pihak Japto Soerjosoemarno. Di sisi lain, pihak Japto Soerjosoemarno juga melaporkan Wanda Hamidah ke Bareskrim Polri atas dugaan pencemaran nama baik.

Kisruh antara Wanda Hamidah dan pihak Japto Soerjosoemarno ini mencuat ke publik saat Pemkot Jakarta Pusat hendak melakukan pengosongan rumah yang ditempati keluarga besar Wanda pada Kamis (13/10/2022). Eksekusi ini berujung kericuhan.

Pemkot Jakarta Pusat menyatakan lahan tersebut adalah milik Japto Soerjosoemarno. Pada sebidang lahan milik Japto Soerjosoemarno ini berdiri empat bangunan, salah satunya adalah rumah yang kini ditempati oleh keluarga besar Wanda Hamidah.

Menurut pihak Pemkot Jakarta Pusat, Japto Soerjosoemarno adalah pemilik sah berdasarkan alas hak surat hak guna bangunan (SHGB) sejak 2012. Sementara keluarga besar Wanda Hamidah hanya memegang surat izin penghunian (SIP), yang mana masa berlakunya habis sejak 2012.

"Pak Japto membeli ini. Awalnya punya SHGB itu, kemudian dibeli oleh beliau, kemudian diterbitkan. Karena ini tanah negara. Yang (punya) SIP ini dia (Wanda) tetapi sebagai penghuni, dan SIP sudah mati sejak tahun 2012," kata Kabag Hukum Pemkot Jakpus Ani Suryani kepada wartawan di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

Sengketa itu terus berlanjut hingga pihak Japto Soerjosoemarno menempuh jalur hukum. Sengketa lahan ini kemudian berujung pada penetapan tersangka paman Wanda Hamidah.

Paman Wanda Hamidah Tersangka

Penetapan tersangka Hamid Husein, paman Wanda Hamidah, ini dikonfirmasi oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan. Namun Zulpan belum memberikan penjelasan detail terkait penetapan tersangka paman Wanda Hamidah ini.

"Benar," ujar Zulpan saat dimintai konfirmasi terkait penetapan tersangka Husein Hamid, Selasa (15/11).

Sementara itu, kuasa hukum Japto Soerjosoemarno, Tohom Purba, mengatakan pihaknya telah menerima surat pemberitahuan perkembangan hasil penyelidikan (SP2HP) penetapan tersangka atas nama Hamid Husein. Hamid Husein ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyerobotan tanah yang dilaporkan pihak Japto.

"Pada hari ini, Selasa, 15 November 2022, baru saja kami menerima SP2HP dari Polda Metro Jaya terkait dengan laporan kami atas tindakan pidana yang dilakukan oleh keluarganya Wanda Hamidah, yaitu Saudara Hamid Husein, ditetapkan sebagai tersangka," kata Tohom Purba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (15/11).

Lihat juga video 'Jokowi: Sengketa Lahan Bahaya Banget, Orang Bisa Bunuh-bunuhan':

[Gambas:Video 20detik]



Halaman selanjutnya, keluarga Wanda Hamidah diminta kosongkan rumah....



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT