Apa Perbedaan Banjir dengan Banjir Bandang? Cek Penjelasannya

ADVERTISEMENT

Apa Perbedaan Banjir dengan Banjir Bandang? Cek Penjelasannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Senin, 14 Nov 2022 18:10 WIB
Banjir bandang sering terjadi di Indonesia. Namun, ada perbedaan banjir biasa dengan banjir bandang, yaitu pada pengertian dari kedua bencana alam itu.
Ilustrasi banjir (Foto: Andhika-detikcom)
Jakarta -

Banjir bandang termasuk jenis bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Ada perbedaan banjir biasa dengan banjir bandang, yaitu pada pengertian dari kedua bencana alam itu.

Simak penjelasan lengkapnya berikut tentang banjir dan banjir bandang.

Apa Itu Banjir?

Apa perbedaan banjir dengan banjir bandang? Dilansir situs resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir adalah bencana alam yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Suatu daerah yang terkena banjir biasanya tidak memiliki serapan tanah yang cukup sehingga air hujan tidak dapat diserap dan meluap. Lalu, apa arti banjir bandang?

Banjir bandang sering terjadi di Indonesia. Namun, ada perbedaan banjir biasa dengan banjir bandang, yaitu pada pengertian dari kedua bencana alam itu.Banjir bandang sering terjadi di Indonesia. Namun, ada perbedaan banjir biasa dengan banjir bandang, yaitu pada pengertian dari kedua bencana alam itu. (Foto: Andhika-detikcom)

Pengertian Banjir Bandang

Banjir bandang adalah jenis banjir yang disebabkan oleh angin badai atau kebocoran tanggul penampung air. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang dilansir situs resmi Kemdikbud, banjir bandang adalah banjir besar yang datang dengan tiba-tiba dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar (kayu dan sebagainya). Banjir bandang juga disebut juga dengan air bah.

Perbedaan antara Banjir dan Banjir Bandang

Banjir dan banjir bandang sama-sama menyebabkan genangan air di suatu kawasan dan seringkali menimbulkan kerugian. Namun, perbedaan banjir dengan banjir bandang adalah volume banjir bandang yang lebih besar dari banjir biasa sehingga jumlah air yang dikeluarkan lebih banyak.

Selain volume air yang besar, banjir bandang juga terjadi secara tiba-tiba sehingga kerugian yang disebabkan juga lebih luas.

Penyebab Banjir Bandang

Penyebab banjir biasa adalah curah hujan yang tinggi. Lain halnya dengan banjir bandang yang disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut.

  • Hujan deras
  • Membuang sampah sembarangan
  • Penebangan hutan liar
  • Adanya bangunan di daerah resapan air
  • Jebolnya tanggul penampungan air
  • Faktor tinggi rendahnya daratan
  • Volume air yang besar.

Bagaimana Cara Mencegah Banjir?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir. Dikutip dari situs BPBD Kabupaten Bogor, langkah-langkah pencegahan banjir adalah:

  1. Menata daerah aliran sungai dari hulu ke hilir secara terpadu sesuai dengan fungsi lahan
  2. Membangun sistem pemantauan dan peringatan dini pada wilayah yang sering terkena banjir
  3. Memasang pompa dan penghalang ombak untuk daerah yang lebih rendah dari permukaan laut
  4. Hindari membangun rumah di dekat aliran sungai
  5. Bekerja sama dengan aparat setempat membersihkan lingkungan sekitar, terutama pada saluran air atau selokan dari sampah.

Demikian informasi perbedaan banjir dengan banjir bandang. Terus waspada terhadap cuaca di alam sekitar.

Lihat juga Video: Menyusuri Banjir Tangerang, Melihat Penampakan Tembok Tanggul Jebol

[Gambas:Video 20detik]




(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT