ADVERTISEMENT

Apa yang Dimaksud dengan Abrasi? Ini Pengertian dan Penyebabnya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 14:20 WIB
Apa yang dimaksud dengan abrasi? Abrasi air laut di Pantai Amurang menerjang wilayah Minahasa Selatan, Sulawesi Selatan.
Apa yang Dimaksud dengan Abrasi? Simak Pengertian dan Penyebabnya (Foto: detikcom/Trisno Mais)
Jakarta -

Apa yang dimaksud dengan abrasi? Abrasi air laut di Pantai Amurang menerjang wilayah Minahasa Selatan, Sulawesi Selatan. Abrasi tersebut menyebabkan Jembatan Amurang ambruk dan sejumlah rumah warga roboh hingga hanyut.

Lantas, apa sebenarnya pengertian abrasi? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Abrasi? Ini Penjelasannya

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI), abrasi adalah suatu proses alam yang berupa pengikisan tanah di daerah pesisir pantai yang disebabkan oleh ombak dan arus laut yang sifatnya merusak. Arti abrasi sudah diketahui. Abrasi biasa juga disebut dengan erosi pantai.

Salah satu hal yang dapat memicu terjadinya kerusakan pantai adalah terganggunya keseimbangan alam di daerah tersebut. Meskipun pada umumnya abrasi disebabkan oleh gejala alam, namun tidak sedikit penyebabnya karena ulah manusia.

Oleh sebab itu, apabila dibiarkan, abrasi akan terus mengikis bagian pantai dan air laut yang bisa menyebabkan bencana, seperti banjir di daerah sekitar pantai tersebut.

Apa yang dimaksud dengan abrasi? Abrasi air laut di Pantai Amurang menerjang wilayah Minahasa Selatan, Sulawesi Selatan.Apa yang dimaksud dengan abrasi? Abrasi air laut terjadi di Pantai Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Selatan. (Foto: ANTARA FOTO/ADWIT B PRAMONO)

Kejadian Abrasi Air Laut di Minahasa Selatan

Pada hari Rabu, 15 Juni 2022, terjadi abrasi air laut di Kelurahan Bitung, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Abrasi air laut tersebut mengikis bibir pantai sepanjang 75 meter dan menyebabkan jembatan penghubung antara Bitung dengan Uwuran ambruk.

"Jalan di sekitar lokasi itu jatuh ke pantai. Kemudian disusul tiang pembatas jalan. Namun lebih dulu jatuh dari posisi jalan bagian kiri." ujar Robert, seorang nelayan yang menjadi salah satu saksi mata kejadian tersebut.

"Setelah itu, listrik jatuh. Kemudian jembatan jatuh. Tapi posisi jembatan ambruk itu tidak langsung jatuh di air." lanjut Robert.

Selain ambruknya Jembatan Amurang, kejadian abrasi air laut tersebut juga mengakibatkan 10 rumah warga roboh hingga hanyut. Dua kafe dan tiga penginapan di sekitar lokasi ikut hanyut.

Sejauh ini, tidak ada laporan mengenai korban jiwa di lokasi kejadian. Namun, seorang bayi berusia 7 bulan nyaris menjadi korban.

Faktor Penyebab Abrasi

Abrasi artinya apa sudah diketahui. Menurut informasi dari laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI), ada dua penyebab terjadinya abrasi. Berikut poin-poinnya.

  1. Faktor Alam
    - Pasang surut air laut
    - Angin di atas lautan
    - Gelombang laut
    - Arus laut yang sifatnya merusak
  2. Faktor Manusia
    - Eksploitasi besar-besaran terhadap kekayaan sumber daya laut seperti ikat, terumbu karang, dan biota laut lainnya

Adapun, dampak abrasi antara lain:

  • Penyusutan garis pantai
  • Rusaknya hutan bakau di sepanjang pesisir pantai
  • Berkurangnya sumber daya ikan dan plasma nutfah karena rusaknya hutan bakau.

Apa yang Dimaksud dengan Abrasi? Ini Cara Penanggulangannya

Setelah mengetahui penjelasan mengenai pengertian, penyebab, dan dampak dari abrasi, ada sejumlah cara untuk penanggulangan abrasi. Berikut informasinya.

  1. Menanam pohon bakau di sejajar garis pantai untuk menahan gelombang dan arus laut yang mengarah ke pantai
  2. Memelihara terumbu karang juga dapat mencegah abrasi karena memiliki fungsi untuk memecah gelombang air laut
  3. Melarang penambangan pasir melalui peraturan pemerintah.

Lihat juga 'Video Horor Abrasi di Minahasa, Rumah Hanyut-Jembatan Roboh':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT