ADVERTISEMENT

Apa Penyebab Banjir Bandang? Simak Juga Pengertian dan Pencegahannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 17:00 WIB
Apa saja penyebab banjir bandang? Banjir bandang termasuk jenis bencana alam yang umumnya disebabkan oleh curah hujan deras dan tinggi. Ini penjelasannya.
Apa Penyebab Banjir Bandang? Simak Infonya di Sini (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Apa saja penyebab banjir bandang? Banjir bandang termasuk jenis bencana alam yang umumnya disebabkan oleh curah hujan deras dan tinggi. Banjir bandang ini tentunya dapat menyebabkan kerusakan bagi pemukiman masyarakat yang terdampak bencana tersebut.

Lalu, apa yang dimaksud dengan banjir bandang? Apa bedanya dengan bencana banjir biasa? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Penyebab Banjir Bandang: Apa Itu Banjir Bandang?

Dilansir situs Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Jawa Tengah, banjir bandang adalah bencana banjir yang seringkali disebabkan oleh angin badai atau kebocoran tanggul penampung air. Kebocoran tanggul itu biasanya akibat curah hujan yang tinggi.

Banjir bandang tidak berbeda dengan banjir pada umumnya, yaitu sama-sama bencana alam di mana terdapat air dalam jumlah besar yang menggenangi sebuah daerah. Munculnya banjir dapat diprediksi dengan memperhatikan curah hujan dan aliran air.

Apa saja penyebab banjir bandang? Banjir bandang termasuk jenis bencana alam yang umumnya disebabkan oleh curah hujan deras dan tinggi. Ini penjelasannya.Apa saja penyebab banjir bandang? Banjir bandang termasuk jenis bencana alam yang umumnya disebabkan oleh curah hujan deras dan tinggi. (Foto: Faizal Amiruddin)

Apa Saja Penyebab Banjir Bandang?

Ada beberapa poin yang menjadi penyebab banjir bandang. Mengutip dari situs BPBD Kabupaten Bogor, berikut ini penjelasannya.

  1. Curah Hujan Tinggi
    Tingginya curah hujan akan berdampak pada peningkatan debit dan volume air yang ada di daratan. Apabila air tersebut tidak sempurna diserap oleh tanah atau dialirkan ke sungai, maka akan berbahaya dan bisa menjadi penyebab terjadinya banjir bandang.
  2. Membuang Sampah Sembarangan
    Selain tercemarnya lingkungan dan menjadi kotor, jenis sampah seperti sampah plastik akan membuat aliran sungai akan terhambat apabila ada sampah yang tersangkut. Ketika sampah-sampah tersangkut, maka aliran sungai akan berhenti dan volumenya akan semakin besar. Saat volume semakin besar, maka akan berpotensi dalam menimbulkan efek berupa tekanan yang sangat besar.
  3. Penebangan Hutan Liar
    Pohon memiliki fungsi dalam meresap air yang jatuh ke tanah. Apabila air hujan tersebut tidak dapat diserap dengan sempurna, maka akan meningkatkan risiko banjir bandang, terutama jika pusat dari banjir tersebut ada di perbukitan.
  4. Bangunan di Daerah Resapan Air
    Banyaknya bangunan penduduk di daerah yang seharusnya menjadi lokasi resapan air, berpotensi menimbulkan aliran air yang besar dan sangat kencang ketika hujan deras tiba. Hal tersebut dikarenakan aliran air terhambat pada bangunan-bangunan penduduk.
  5. Faktor Tinggi Rendahnya Daratan
    Faktor tinggi rendahnya daratan juga menjadi faktor yang sangat besar dalam menjadi penyebab terjadinya banjir bandang. Ketika air turun dari dataran yang lebih tinggi tentunya akan semakin laju ketika menuju ke bawah. Hal ini yang harus diwaspadai, karena kuatnya arus air tersebut bahkan bisa menghancurkan tembok-tembok rumah.
  6. Volume Air yang Sangat Besar
    Derasnya volume air yang tiba-tiba menerjang pemukiman tentunya bersifat merugikan. Tidak hanya dari segi materi, namun hingga menelan korban nyawa manusia.

Langkah-langkah Pencegahan Banjir

Sebagai masyarakat, tentunya kita harus selalu waspada akan datangnya bencana alam, termasuk banjir. Cara-cara yang bisa dilakukan sebagai pencegahan terhadap banjir, di antaranya:

  • Menata daerah aliran sungai dari hulu ke hilir secara terpadu sesuai dengan fungsi lahan
  • Membangun sistem pemantauan dan peringatan dini pada wilayah yang sering terkena banjir
  • Memasang pompa dan penghalang ombak untuk daerah yang lebih rendah dari permukaan laut
  • Hindari membangun rumah di dekat aliran sungai
  • Bekerja sama dengan aparat setempat membersihkan lingkungan sekitar, terutama pada saluran air atau selokan dari sampah.

Apa yang Perlu Dilakukan Apabila Terjadi Banjir?

Jika kita berada di area yang tergenang banjir, tentunya ada hal-hal yang bisa dilakukan sebagai langkah awal evakuasi. Apa saja? Berikut informasinya.

  • Matikan listrik di dalam rumah dan hubungi petugas PLN untuk mematikan aliran listrik
  • Segera mengamankan barang-barang berharga ke tempat yang lebih tinggi
  • Mengungsi ke daerah yang lebih tinggi sedini mungkin. Apabila akan meninggalkan rumah, pastikan dalam keadaan terkunci dan aman
  • Jangan berkendara atau berjalan di aliran banjir untuk menghindari terseret arus.

Demikian penjelasan tentang penyebab banjir bandang. Semoga bermanfaat.

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT