Pesan Ma'ruf Amin ke ASN Banten: Mudahkan Urusan Masyarakat

ADVERTISEMENT

Pesan Ma'ruf Amin ke ASN Banten: Mudahkan Urusan Masyarakat

Aris Rivaldo - detikNews
Senin, 14 Nov 2022 15:46 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin menjadi keynot speaker pada acara
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Aris Rivaldo/detikcom)
Serang -

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bicara soal peran penting aparatur sipil negara (ASN). Dia mengatakan ASN merupakan pemersatu dan perekat bangsa.

"ASN memegang peran penting sebagai pemersatu dan perekat bangsa. Demikian pula perannya dalam menghantarkan Indonesia menjadi bangsa yang maju serta tetap berkontribusi aktif di tengah tantangan global dan dinamikanya," kata Ma'ruf dalam acara Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Aparatur Pemerintah Provinsi Banten, di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Senin (14/11/22).

Ma'ruf mengatakan ASN punya tanggung jawab dalam menjalankan roda pemerintahan. Dia mengatakan ASN harus mempermudah urusan masyarakat.

"ASN untuk melaksanakan amanat dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung jawab utamanya dalam memberikan pelayanan untuk memudahkan urusan masyarakat," terangnya.

Dia mengatakan birokrasi merupakan bagian penting dalam pembangunan Indonesia. Ma'ruf mengatakan kemajuan bangsa Indonesia harus didukung oleh ASN yang profesional dan berkualitas.

"Birokrasi merupakan unsur penting dalam pembangunan nasional, kemajuan bangsa ini membutuhkan dukungan penyelenggaraan pemerintahan yang profesional dan berkualitas," katanya.

Dia mengatakan birokrasi bakal terus mengalami perubahan. Namun, katanya, roh utama birokrasi untuk melayani publik tak akan pernah berubah.

"Meskipun paradigma birokrasi mengalami pergeseran dari waktu ke waktu. Tapi, saya ingin tekankan bahwa roh utama dari birokrasi adalah melayani publik. Itu roh utamanya melayani publik, melayani rakyat sesuai dengan tanggungjawabnya," katanya.

(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT