Ma'ruf Amin ke ASN Banten: Pancasila dan Agama Tak Bertentangan

ADVERTISEMENT

Ma'ruf Amin ke ASN Banten: Pancasila dan Agama Tak Bertentangan

Aris Rivaldo - detikNews
Senin, 14 Nov 2022 13:37 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin menjadi keynot speaker pada acara
Foto: Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi keynot speaker pada acara
Serang -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan arahan penguatan pancasila bagi aparatur sipil negara (ASN) di Banten. Acara tersebut dihadiri oleh ASN di pemerintahan Provinsi Banten.

Berdasarkan pantauan di pendopo Gubernur Banten, Jalan Syeh Nawawi Al-Bantani Curug, Kota Serang, Senin (14/11/22). Ma'ruf memberikan arahan langsung kepada para ASN perihal pembinaan nilai-nilai ideologi pancasila.

Dalam pidatonya, Ma'ruf mengatakan bahwa Pancasila adalah kesepakatan mulia yang terlahir sebagai ideologi dasar negara yang menyatukan tekad semua orang dan golongan untuk memerdekakan Indonesia. Menurutnya, pancasila dan agama tidak saling bertentangan.

"Pancasila dan agama tidak saling bertentangan. Pancasila dan agama saling memperkuat," katanya.

Ma'ruf juga mengatakan bahwa ASN harus memiliki jiwa Pancasila dalam menjalankan roda pemerintahan. Menurutnya, ASN juga harus punya nilai-nilai pancasila yang terinternalisasi dalam pola pikir dan perilaku sehari-hari.

"ASN tidak hanya dituntut untuk berkompetisi tekhnis, managerialz dan sosio-kultural. Tapi juga juga ASN berintegritas dan berjiwa Pancasila. Nilai-nilai luhur Pancasila harus terinternalisasi pada jiwa, pola pikir dan perilaku kinerja seluruh ASN," ujar Ma'ruf.

Sementara, Pj Gubernur Banten Al Muktabar dalam sambutannya mengatakan bahwa penguatan Pancasila perlu dijadikan dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Penguatan wawasan kebangsaan, Pancasila terus menerus dijadikan dasar dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Hadir dalam acara ini Wakil Kepala BPIP Karjono, Forkopimda Banten, kepala daerah se provinsi Banten, dan perwakilan Rektor perguruan tinggi se-provinsi Banten.

Acara tersebut juga dihadiri oleh narasumber Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri, kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Anwar, Kepala LAN Adi Suryanto dan Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto.

Acara dengan tajuk "Penguatan pembinaan ideologi pancasila kepada aparatur pemerintah provinsi Banten" ini dihadiri juga oleh seluruh pejabat eselon dua di lingkungan pemerintahan provinsi Banten.

Simak juga 'KTT COP27 Mesir, Wapres Ma'ruf Amin Tekankan Paradigma Kolaborasi':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT