Pj Gubernur DKI Pastikan Ada Sanksi Pelanggar Aturan Baru Konser

ADVERTISEMENT

Pj Gubernur DKI Pastikan Ada Sanksi Pelanggar Aturan Baru Konser

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 12 Nov 2022 13:27 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono membuka kembali meja aduan di Balai Kota DKI Jakarta. Begini suasananya pagi ini.
Heru Budi Hartono (Fajar Briantomo/detikcom)
Jakarta -

Aturan menggelar konser di wilayah DKI Jakarta diperketat oleh Pemprov DKI Jakarta. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan ada sanksi bagi pelanggar aturan konser terbaru.

"Ya kan semuanya sudah ada, ada sanksi ya," kata Heru di Pluit Village Mall, Jakarta Utara, Sabtu (12/11/2022).

Namun Heru tidak menjelaskan lebih lanjut terkait sanksi apa yang diterima jika panitia konser melanggar aturan. Dia berharap penyelenggara dapat disiplin.

"Jangan sampai melanggarlah, semuanya harus disiplin," ujarnya.

Menurutnya, banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menggelar konser. Dia menyebut salah satunya pengurangan jumlah penonton.

"Ya keramaian itu kan saya minta kepada Dinas Pariwisata, kalau kursinya, tempatnya, ada 1.000, jangan dikasih 1.000, tapi 700, sehingga masih ada space jaga jarak dan lain-lain. Kan juga harus dilihat tempat lokasi tempat parkir dan lain-lain itu," katanya.

Disparekraf DKI Jakarta sebelumnya mengeluarkan aturan baru soal konser di Jakarta. Agar tak terjadi penonton terlalu berdesak-desakan hingga pingsan, kapasitas gedung atau lokasi hanya 70 persen dan konser dibatasi sampai pukul 12 malam.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) No e-1963/PW.01.02 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1 Corona Virus Disease 2019 Pada Sektor Usaha Pariwisata.

Kepala Disparekraf DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan SK tersebut sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmedagri) Nomor 47 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat pada Kondisi Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali serta Keputusan Gubernur Nomor 1109 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1 Corona Virus Disease 2019.

"Beberapa hal perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan konser musik di Jakarta, yaitu penyelenggara event wajib membatasi pengunjung dengan kapasitas maksimal 70 persen (tujuh puluh persen) dengan jam operasional mulai dari pukul 11.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB," kata Andhika dalam keterangannya, Jumat (11/11).

(rfs/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT