Ternyata Pengemudi Mobil Tutupi Nopol Pakai Lakban demi Hindari e-TLE!

ADVERTISEMENT

Ternyata Pengemudi Mobil Tutupi Nopol Pakai Lakban demi Hindari e-TLE!

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Sabtu, 12 Nov 2022 10:20 WIB
Pengemudi Calya tutupi plat nomor pakai lakban.
Pengemudi nakal menutupi nopol dengan lakban terciduk polisi. (Foto: Instagram @tmcpoldametro)
Jakarta -

Pengemudi mobil Toyota Calya terciduk menutupi nopol kendaraan dengan lakban di Jl Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan. Ternyata pengemudi sengaja menutupi nopol kendaraan dengan lakban untuk menghindari kamera electronic-traffic law enforcement (e-TLE).

"Iya, untuk menghindar dari (e-TLE)," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman saat dihubungi, Sabtu (12/11/2022).

Polisi mencegat pengemudi nakal itu di Jl Pertanian, Ragunan, Jaksel, pada Jumat (11/11). Polisi memberikan teguran kepada si pengemudi.

Selanjutnya, polisi meminta pengemudi tersebut mencopot lakban tersebut. Pengemudi tersebut dipersilakan melakukan perjalanannya kembali setelah mencopot lakban.

"Setelah kami cek, nomornya sama, STNK-nya sama, ya kita lepas lagi untuk diingatkan," jelasnya.

Budayakan Tertib

Latif mengatakan, dengan tidak adanya tilang manual, bukan berarti masyarakat bisa seenaknya melanggar lalu lintas. Polri, yang kini lebih mengedepankan tilang elektronik, diharapkan membuat masyarakat membudayakan tertib berlalu lintas.

"Adanya tilang elektronik ini untuk mengajak kedewasaan kita. Sengaja menutupi pelat nomornya itu berarti sengaja mau melanggar. Nah, ini tentunya sangat membahayakan. Ini yang menjadi pembelajaran buat kita semua. Kalau mereka tertib, ya tidak ada masalah," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, video tersebut dibagikan akun Instagram TMC Polda Metro Jaya. Dalam potongan video terlihat pelat nomor kendaraan mobil Calya di bagian depan dan belakang ditutupi lakban.

Pengemudi tersebut diberhentikan polisi. Polisi kemudian meminta pengemudi tersebut mencopot lakban pada pelat nomor mobilnya.

"#Polri memberikan imbauan & teguran kepada pengendara Mobil yang menutupi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dengan lakban di Traffic light Pertanian Jakarta Selatan," demikian tulisan TMC Polda Metro Jaya, dilihat Jumat (11/11).

Dihubungi terpisah, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan tindakan anggota di lapangan sudah benar.

"Tentunya itu anggota sudah benar melakukan tindakan itu menghentikan, cek kendaraan untuk membuka itu," kata Latif kepada wartawan.

Simak juga video 'Beragam Ulah Pengendara Nakal di Jalanan Tanpa Tilang Manual':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT