Permukiman di Bogor 'Diserang' Ulat Bulu, Merambat di Tembok Sampai Baju

ADVERTISEMENT

Permukiman di Bogor 'Diserang' Ulat Bulu, Merambat di Tembok Sampai Baju

Muchamad Sholihin - detikNews
Jumat, 11 Nov 2022 22:50 WIB
Serangan ulat bulu dipermukiman warga, Kota Bogor, Jawa Barat.
'Serangan' ulat bulu dipermukiman warga, Kota Bogor, Jawa Barat. (dok. BPBD Bogor)
Bogor -

Sebanyak 25 rumah di Cibuluh, Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar) 'diserang' ulat bulu. Warga setempat mengalami gatal-gatal.

"Kejadiannya dari kemarin, sudah dua hari ini muncul. Sampai malam pun muncul terus," kata Ketua RW 04 Kelurahan Cibuluh, Agus, kepada wartawan pada Jumat (11/11/2022).

Agus menceritakan warganya menemukan ulat bulu di pakaian dan perabot rumah. Agus menduga ulat bulu tersebut berasal dari bangunan apartemen yang mangkrak.

"Warga mau tidur tahu-tahu ada (ulat bulu) di baju, di meja, di kursi. Warga jadi sangat terganggu. Setelah ditelusuri arah atau asalnya ulat ini kayanya memamg dari bangunan Apartemen Gardenia, tapi berhenti aktifitas pembangunannya," terang Agus.

"Banyak di perkebunan di bangunan itu Apartemen Gardenia," tambahnya.

Agus menyebut serangan ulat bulu ini pun membuat anak-anak di lingkungannya rewel karena kegatalan. "Kalau sampai bentol-bentol sih belum, tapi gatal-gatal iya," tutur Agus.

Warga pun melaporkan 'serangan' ulat bulu ini ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor. BPBD Kota Bogor telah melakukan penyemprotan cairan insektisida untuk mencegah ulat menyebar.

"Kami mendapat laporan dari warga terkait wabah ulat bulu, kami ke lokasi dan lakukan penyemprotan insektisida, untuk pencegahan ya," jelas Komandan Regu BPBD Kota Bogor Abdullah kepada wartawan.

Abdullah juga meminta pengurus Apartemen Gardenia untuk mengurus kebun-kebunnya agar ulat bulu yang diduga berasal dari bangunan apartemen tak mengganggu warga.

"Saya juga sudah minta ke pengurus apartemen mohon kebon ini yang menyebabkan ulat masuk ke warga, tadi saya udah imbau minta dibersihin. Kejadian ('serangan' ulat bulu) ini sudah dari kemarin. Namun hari ini mulai banyak-banyaknya yang masuk ke rumah warga." ujar Abdullah.

"Terpantau kurang lebih dari 25 rumah sudah dimasuki ulat bulu. Ulat Bulu ini menempel pada dinding-dinding rumah warga," tambah dia.

Menurut Abdullah kebun di area bangunan Apartemen Gardenia tak dibersihkan. Sehingga membuat banyak rumput tumbuh dan menjadi sarang ulat bulu.

"Asal ulat bukan dari pohon. Dari Apartemen Gardenia yang tumbuh rumput-rumput. Nggak dibersihin mungkin ya sama pihak apartemen, jadi (ulat) berasal dari situ," pungkas dia.

'Serangan' ulat bulu dipermukiman warga, Kota Bogor, Jawa Barat.'Serangan' ulat bulu di permukiman warga, Kota Bogor, Jawa Barat. (dok. BPBD Bogor)
(aud/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT