Pesan Ketua KPAI ke Orang Tua hingga Pemimpin di Hari Pahlawan

ADVERTISEMENT

Pesan Ketua KPAI ke Orang Tua hingga Pemimpin di Hari Pahlawan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 11 Nov 2022 00:41 WIB
Ketua KPAI Susanto
Ketua KPAI Susanto (dok. Istimewa)
Jakarta -

Hari Pahlawan diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya. Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto memberi pesan kepada orang tua hingga pemimpin terkait makna pahlawan.

"Selamat Hari Pahlawan nasional tahun 2022. Menjadi pahlawan kekinian bukan lagi yang mengangkat senjata, bukan lagi berperang melawan penjajah, bukan lagi membawa bambu runcing untuk mengusir musuh, namun menjadi orang tua yang memberikan pengasuhan terbaik untuk anaknya," kata Susanto kepada wartawan, Kamis (10/11/2022).

Susanto menekankan pentingnya perkembangan anak di tengah masyarakat. Program-program untuk anak-anak pun dinilai Susanto juga penting di tengah momen Hari Pahlawan.

"Menjadi guru yang mengembangkan pembelajaran ramah anak, menjadi warga masyarakat yang memberikan kepedulian besar terhadap tumbuh kembang anak di lingkungannya, menjadi pemimpin yang pro terhadap program-program ramah anak," ujar Susanto.

"Inilah pahlawan sejati saat ini. Karena anak hari ini, kelak akan menjadi pemimpin bangsa ke depan," imbuhnya.

Sejarah singkat peristiwa 10 November tercantum dalam Pedoman Hari Pahlawan Tahun 2022 yang diterbitkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI). Hari Pahlawan bermula dari pertempuran Surabaya tanggal 10 November 1945.

Pertempuran tersebut terjadi antara pasukan Indonesia melawan pasukan Inggris usai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Momentum 10 November itu adalah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

(rfs/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT